Sukses

4 Langkah Lupakan Mantan yang Kerap Hinggap dalam Pikiran

Liputan6.com, Jakarta Melupakan mantan kekasih memang sebuah hal yang diinginkan mereka yang patah hati. Namun, sayangnya, itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Hal ini karena hubungan yang telah dijalani dan dibagikan tidak mudah terhapus dari tubuh dan pikiran. Apa pun yang mengingatkan Anda tentang mantan bisa menghadirkan banjir kenangan.

Mengutip Psychology Today pada Jumat (20/7/2018), psikolog dari Stanford University, Amerika Serikat, Kelly McGonigal, Ph.D. memberikan beberapa tips untuk bisa melupakan mantan kekasih.

1. Temukan Role Model

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kita dapat menangkap tekad dari orang-orang yang kita kagumi dan memperkuatnya dengan mengingat mereka.

Lihatlah dalam hidup Anda sendiri, budaya pop, atau berita untuk mencari seseorang yang bisa menjadi model kehidupan.

"Pikirkan diri Anda ketika mengikuti jejaknya dan lihat dia ketika Anda tergoda melihat kembali mantan di Facebook," tulis McGonigal.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Mencari Sesuatu yang Baru

2. "Aku tidak akan..." lebih mudah ketika Anda memiliki keinginan baru

Cara terbaik untuk menghilangkan godaan terbawa perasaan adalah menemukan rasa candu yang baru. Namun, bukan berarti Anda harus mencari sebuah hubungan yang lain.

Temukan tujuan baru seperti olahraga atau menulis novel. Kembalilah ke hobi-hobi lama seperti memasak, memancing, atau menulis.

"Ketika perasaan 'sesuatu yang hilang' itu muncul, fokuslah pada tujuan Anda. Bukan berkhayal untuk kembali pada mantan kekasih," ujar McGonigal.

3. Jaga dirimu

Perasaan stres membuat otak terfokus pada suatu hal dan mengabaikan risikonya. Hilangkan rasa tertekan dengan merawat diri sendiri.

Jadwalkan berkumpul bersama teman-teman, olahraga yoga, atau lakukan manikur dan pijat, atau apa pun yang mampu menenangkan saraf dan mengangkat semangat kembali.

 

3 dari 3 halaman

Beruang Putih

4. Waspadalah dengan "Beruang Putih"

Efek "beruang putih" disebut oleh para psikolog sebagai keadaan ketika Anda tidak mencoba memikirkan sesuatu seperti beruang putih, maka ini akan muncul di benak Anda.

Tidak hanya soal mantan, ini berlaku untuk semua jenis godaan termasuk, makan dan merokok.

Namun, jika mantan hinggap dalam pikiran, janganlah langsung terbawa perasaan. Ingatkan diri Anda mengapa hubungan tersebut harus diakhiri.

Kemudian, berikan perhatian pada seseorang yang benar-benar peduli dan mencintai Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Undang 3 Mantan dan Foto Bersama di Pelaminan, Unggahan Wanita Ini Viral
Artikel Selanjutnya
Putus Cinta? Lakukan 6 Langkah Ini Agar Gampang Lupakan Mantan