Sukses

ASI Bentengi Bayi dari Alergi Makanan

 

Liputan6.com, Jakarta Komposisi unik dalam air susu ibu (ASI) bisa mencegah alergi makanan pada bayi di masa depan. sebuah manfaat yang tidak ditemukan di susu formula manapun.

Hal ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Children's Hospital Research Institute of Manutiba, Kanada yang dipimpin oleh Meghan Azad.

"Kami menemukan bahwa ibu yang memiliki kandungan gula tertentu dalam ASI memiliki bayi yang cenderung tidak memiliki sensitivitas makanan," kata Azad dikutip dari Global News Canada pada Sabtu (21/7/2018).

"Ini benar-benar menarik, karena kita tahu bahwa jumlah alergi telah meningkat lebih banyak dari tahun lalu," tambahnya.

Walaupun begitu, dalam penelitian juga memperlihatkan bahwa tidak semua bayi yang diberi ASI memiliki risiko alergi lebih rendah.

"Jadi kami selalu bertanya-tanya mengapa ini tidak konsisten dan salah satu alasannya mungkin karena beberapa ibu memiliki komposisi yang berbeda dalam ASI mereka," ujar Azad.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Tergantung tempat tinggal

Azad menambahkan, penelitian ini mengukur gula dalam ASI pada lebih dari 400 ibu dan melihat bayi mereka untuk mencari tahu mana yang mengembangkan kepekaan terhadap makanan.

Dia mengatakan ada beberapa hal menarik yang muncul dari penelitian ini. Seperti variabel yang bergantung pada tempat tinggal seorang ibu.

"Penelitian ini bersifat nasional, jadi kami memiliki ibu yang berpartisipasi dari Vancouver, Edmonton, Winnipeg, dan Toronto. Kami melihat beberapa perbedaan dengan kota tempat Anda tinggal. Kami juga melihat bagaimana oligosakarida mengubah mikroba usus bayi yang kami tahu sangat penting dalam melatih sistem kekebalan," paparnya.

Studi ini sendiri diterbitkan dalam jurnal Allergy edisi Juni.

Artikel Selanjutnya
Bukan ASI, Ibu di Gorontalo Beri Bayi Madu dan Gula
Artikel Selanjutnya
Hiii... Ada Bayi Kecoak di Susu Formula Anak Ini