Sukses

6 Trik Singkirkan Serangan Semut Terbang di Kejuaraan Wimbledon 2018

Jutaan semut terbang di Inggris ke luar dari sarang untuk kawin, ada trik menyingkirkan serangan semut terbang tersebut.

 

Liputan6.com, London, Inggris Jutaan semut terbang (flying ant) yang sempat mengganggu pertandingan tenis Wimbledon di London, Inggris adalah fenomena yang tak terhindarkan. Beberapa petenis pun jengkel karena tidak fokus bertanding pada 4 Juli 2018.

Fenomena tersebut terjadi karena semut terbang yang kawin. Semut jantan dan ratu muda kawin, lalu membentuk koloni sendiri. Peristiwa ini pun terjadi setahun sekali dan biasanya pada bulan Juli.

Meskipun semut terbang tidak berbahaya bagi orang-orang di Inggris, serangga ini dianggap sangat menjengkelkan. Semut terbang bisa menempel di pakaian, dinding rumah atau berkerumun di berbagai sudut.

Sesuai dilansir dari Cambride News, Rabu (11/7/2018), ada beberapa trik singkirkan semut terbang.

1. Semprot semut dengan sabun cuci piring

Sabun cuci piring adalah agen yang efektif menangani semut terbang yang menempel pada tubuh. Campurkan cairan sabun pencuci piring dengan air. Masukkan cairan ke botol semprot.

2. Tangkap semut dengan selotip

Pancing semut terbang dengan hal-hal kecil, seperti letakkan selotip di dekat sumber makanan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan pemanis buatan

3. Serang semut dengan pemanis buatan

Jenis pemanis tertentu sangat beracun bagi semut. Misalnya, Anda mencampur jus apel dengan pemanis buatan.

Ini membentuk pasta kental yang akan dibawa semut ke koloni. Setelah semut memakannya, itu akan membunuh sebagian dari populasi semut.

4. Gunakan bubuk insektisida

Bubuk insektisida ditaburkan di sekitar ambang pintu atau dinding dan lantai yang mana semut berjalan. Anda bisa saja menyemprot area dengan aerosol insektisida.

3 dari 3 halaman

Letakkan kaleng

5. Letakkan kaleng di atas bukit semut

Anda bisa letakkan kaleng di atas bukit semut pada pagi hari. Saat hari makin memanas, semut mengambil telur mereka dari dalam kaleng.

Pada sore hari, selipkan selembar karton di bawah setiap kaleng. Lalu angkat dan buang telur. Telur semut dimakan burung, terutama ayam.

6. Tuangkan air mendidih ke bukit semut

Setelah Anda menemukan bukit semut, tuangkan air mendidih ke atasnya. Ini akan membunuh sebagian besar semut dan mengurangi semut lain lain agar tidak kembali ke tempat tersebut.

Namun, perlu diingat ketika membunuh semut terbang, mereka sebenarnya baik untuk lingkungan. Mereka menghidupi tanah, membantu siklus nutrisi, meningkatkan kesuburan kebun, dan mengendalikan hama.

Semut terbang juga menyediakan sumber makanan penting bagi banyak spesies burung, terutama burung layang-layang dan burung camar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.