Sukses

Pria Rutin Makan Kacang, Ini Dampaknya pada Sperma

Sebuah studi terbaru di Spanyol menemukan, konsumsi kacang bisa meningkatkan kualitas sperma.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru di Spanyol menemukan, konsumsi kacang bisa meningkatkan kualitas sperma. Hasil studi tersebut didapat dengan meneliti kualitas sperma dari 119 pria muda, melansir laman New York Post, Jumat (6/7/2018).

Selama studi 14 minggu itu beberapa partisipan diminta mengonsumsi sekitar 60 gram kacang-kacangan yang terdiri dari almond, hazelnut, dan walnut. Sementara sebagian partisipan lainnya diminta untuk menghindari konsumsi jenis kacang apa pun.

Ketika sampel sperma dan darah para partisipan diteliti, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan memiliki kualitas sperma yang lebih tinggi 16 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga pola makan sehat

Meski hasil tersebut terdengar menggembirakan, ada hal lain yang harus diperhatikan. Penulis studi yang juga ahli nutrisi Albert Salas-Huetos mengatakan, hasil riset ini mungkin saja tak berlaku secara umum karena partisipan studi semuanya dalam kondisi sehat dan subur. Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah, mengubah pola makan menjadi lebih sehat secara keseluruhan akan membantu pria jadi lebih subur.

"Semakin banyak bukti yang ada dalam literatur bahwa perubahan gaya hidup sehat seperti mengadopsi pola makan sehat bisa membantu proses pembuahan," tulis Salas-Huetos dalam rilisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.