Sukses

Akibat Perkawinan Anak, Cerai di Usia Muda Tak Terhindarkan

Liputan6.com, Jakarta Perkawinan anak cenderung terjadi karena kebanyakan orang tua tidak tahu risikonya. Ada pandangan menikahkan anak di usia muda, misal di bawah 18 tahun, semua beban terlepas. Anak dapat hidup mandiri bersama suami.

Bayangan perkawinan anak yang berjalan mulus tersebut tak semudah yang diperkirakan. Yes I Do Project Manager Plan International Indonesia, Budi Kurniawan, mengatakan anak yang dinikahkan dini belum dewasa.

"Pikiran mereka masih belum matang untuk berumah tangga. Emosinya agak labil. Terkadang suaminya enggak ada kerjaan. Belum siap mental juga menikah," kata Budi saat berbincang dengan Health Liputan6.com di The Hermitage, Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Senin (2/7/2018).

Serupa dengan anak laki-laki, anak perempuan juga belum siap mental. Tak jarang, setelah menikah, anak perempuan berhenti sekolah dan menjadi ibu rumah tangga.

Ketika suaminya tidak bekerja, kehidupan pernikahan mereka pun sulit. Biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak ada. Akhirnya, mereka bergantung kembali pada orangtua.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Cerai di usia muda

Suami yang tidak punya pekerjaan dan belum siap mental berujung hancurnya hubungan perkawinan. Pasangan muda yang masih anak-anak dan remaja akhirnya bercerai.

Budi melanjutkan, fenomena cerai di usia muda, salah satunya terjadi di Sukabumi, Jawa Barat.

"Iya, di sana (Sukabumi) banyak sekali anak yang cerai di usia muda. Mereka sudah dinikahkan. Itu pun (pernikahan) enggak bertahan lama. Paling beberapa bulan atau setahun bercerai," lanjut Budi.

3 dari 3 halaman

Kerja jadi TKW

Di Sukabumi, setelah pasangan muda bercerai dan sudah punya anak, anak tersebut dititipkan ke orangtuanya.

"Buat yang punya anak biasanya anaknya dititipkan ke orangtua. Jadi, kakek-nenek yang ngasuh cucu," Budi menambahkan.

Selagi anak dititipkan, sang ibu pun pergi bekerja jadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) atau pergi ke luar daerah. Dari fenomena ini menyebabkan rumah tangga menjadi rusak.

Anak yang sudah dilahirkan diasuh kakek dan nenek serta kurang mendapat kasih sayang dari orangtua kandungnya sendiri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Viral Bocah Berusia 14 Tahun Nikahi Gadis Cantik
Artikel Selanjutnya
Bikin Warganet Iri, Bocah 14 Tahun Asal Kamboja Ini Nikahi Gadis Cantik