Sukses

Segelas Jus Bit Sehari Bantu Kontrol Tekanan Darah Tinggi

Siapa sangka, umbi-umbian berwarna ini punya kemampuan mengontrol tekanan darah tinggi tersebut, bahkan sudah dipercaya sejak abad pertengahan.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi yang tidak cepat-cepat diobati bisa menimbulkan berbagai komplikasi serius, yang tidak jarang dapat berujung pada kematian.

Karena itu, kontrol tekanan darah Anda dengan rajin mengeceknya, dan jika memang perlu diimbangi juga dengan minum obat-obatan. Merasa takut dan tak nyaman, bisa disiasati dengan mengonsumsi bit merah.

Siapa sangka, umbi-umbian berwarna ini punya kemampuan mengontrol tekanan darah tinggi tersebut, bahkan sudah dipercaya sejak abad pertengahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum Jus Bit Sehari Sekali

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi satu gelas jus bit (250 ml) dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi secara signifikan.

Ini karena bit diketahui mengandung zat yang bernama nitrat, yang dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh, yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah.

Apabila pembuluh darah melebar, maka otomatis tekanan darah pun akan menurun.

Para pasien hipertensi yang mengonsumsi jus bit tercatat mengalami peningkatan pelebaran pembuluh darah sebesar 20 persen.

Kekerasan pembuluh darahnya pun berkurang sebanyak 10 persen. Efek tersebut diperoleh setelah meminum segelas jus bit setiap hari selama minimal 4-8 minggu.

Dari hasil penurunan tekanan darah tersebut, para pasien yang meminum jus bit juga didapati mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dari setiap penurunan 2 mmHg tekanan darah, risiko kematian akibat serangan jantung menurun sebesar 7 persen, sedangkan risiko stroke menurun sebanyak 10 persen.

Penulis : dr. Karin Wiradarma / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini