Sukses

Diare, Penyakit yang Sering Muncul di Pertengahan Puasa

Memasuki pertengahan puasa, permasalahan kesehatan yang umum terjadi pada pasien adalah keluhan sakit diare.

Liputan6.com, Jakarta Diare rupanya jadi penyakit yang umum dialami pasien di pertengahan puasa. Kondisi ini berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

Dalam acara "Kalbe Edukasi Kesehatan, Manfaat Lain di Balik Puasa" Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam, mengungkapkan, pasien yang ia tangani di pertengahan puasa ini lebih banyak mengalami diare.

"Pasien saya minggu-minggu ini lebih banyak yang mencret-mencret (diare). Penyebabnya, makanan berbuka puasa yang dijual di pinggir jalan," kata Ari ditemui di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, ditulis Kamis (31/5/2018).

Mayoritas orang berbuka puasa masih dalam perjalanan menuju rumah. Tak ayal, makanan takjil untuk berbuka puasa yang berada di pinggir jalan jadi sasaran konsumen.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkandung Zat Berbahaya

Takjil yang dijual di pinggir jalan, lanjut Ari, terkandung 10 persen zat berbahaya. Zat berbahaya ini menyebabkan gangguan pencernaan, yang membuat seseorang terkena diare.

"Banyak juga kan warung takjil yang buka mendadak. Survei dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) juga sudah membuktikan, sebanyak 10 persen makanan takjil mengandung zat berbahaya," Ari melanjutkan.

Sakit diare akibat mengonsumsi takjil yang tak sehat dan kurang higienis di pinggir jalan pun meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Takjil