Sukses

Bill Gates Bilang, Donald Trump Tak Bisa Bedakan Virus HPV dan HIV

Pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tak tahunya bedanya HPV dengan HIV.

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia. Sebagai pendiri Microsoft, tak heran kalau dia juga dianggap salah satu orang tercerdas di masanya. Setidaknya, itulah yang dipikirkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Presiden Amerika Serikat ke-45 itu merasa Bill Gates cukup pintar untuk menjawab pertanyaan seputar masalah yang tak ia pahami. Seperti misalnya, apa bedanya HIV dan HPV.

Dalam sebuah rapat bersama staf yayasannya, melansir Buzzfeed, Jumat (18/5/2018), Bill Gates mengatakan Donald Trump menanyakan pertanyaan tadi dalam dua kesempatan yang berbeda. Donald Trump ingin mengetahui perbedaan antara kedua virus tadi.

 

Bill Gates bilang, dia bertemu Donald Trump dalam dua acara yang berbeda, pada Desember 2016 dan Maret 2017, untuk mendiskusikan bagaimana Presiden Trump bisa mendorong perkembangan dunia sains dan inovasi.

"Anda bisa memilih hal-hal yang besar, seperti vaksin HIV--Anda bisa mempercepat hal ini," ujar Bill Gates pada Donald Trump kala itu. "Dekatkan diri Anda dengan inovasi."

Donald Trump lalu bertanya, apakah vaksin bukan hal yang buruk. Bintang reality show The Apprentice itu bilang, dia sedang mempertimbangkan membuat komisi untuk mengecek efek negatif vaksin.

"Jangan lakukan itu," cegah Bill Gates kala itu. Dia lalu bercerita, Donald Trump bertanya padanya--pada kedua pertemuan--apakah HIV dan HPV dua hal yang sama.

"Dia dua kesempatan itu dia ingin tahu, apakah ada bedanya antara HIV dan HPV," ujar Gates. "Jadi aku bisa, ehm, menjelaskan kalau keduanya jarang dikira sama."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HIV dan HPV

HIV, atau human immunodeficiency virus, adalah penyakit seumur hidup yang menyerang sistem imun seseorang. Virus ini ditularkan lewat bertukar jarum suntik, atau berhubungan seks tanpa pelindung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Seiring waktu, virus HIV akan menyebabkan kerusakan pada sistem imun tubuh, sampai-sampai sistem ini tak bisa lagi memerangi infeksi dan penyakit.

Virus HIV adalah penyebab penyakit AIDS.

 

Sedangkan HPV, atau human papilomavirus, adalah infeksi menular seksual yang cukup umum. Virus ini bisa menyebabkan kutil kelamin, dan dalam kasus yang lebih serius, kanker.

HPV juga bisa hilang dengan sendirinya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Beberapa tipe virus HPV bisa dicegah dengan vaksin. Sampai saat ini, masih belum ada vaksin untuk HIV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika
    Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika

    Donald Trump

  • HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

    HIV

  • Human papillomavirus atau HPV adalah sejenis virus DNA yang dapat menginfeksi manusia, terutama pada kulit dan selaput lendir

    HPV

  • Bill Gates merupakan seorang pebisnis yang sudah dikenal banyak orang di dunia.

    Bill Gates