Sukses

Wanita Pendek Lebih Sulit Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang menurunkan berat badan. Mulai dari usia, tingkat aktivitas, hormon, waktu tidur dan tinggi badan. Untuk poin terakhir, wanita pendek rupanya lebih sulit menurunkan berat badan dibanding temannya yang lebih tinggi. Benar seperti itu?

"Benar. Wanita pendek harus mengonsumsi kalori lebih sedikit bila ingin menurunkan berat badan dibandingkan temannya yang lebih tinggi walau faktor-faktor lain sama," kata dokter spesialis jantung yang mendalami penurunan berat badan, Luiza Petre.

Itu artinya, wanita pendek yang memiliki tingkat aktivitas dan kesehatan sama seperti wanita tinggi, harus bekerja lebih keras agar menurunkan berat badan. Misalnya dengan mengurangi asupan makan seperti disampaikan Petre.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 3 halaman

Massa otot

Hal ini bisa terjadi karena semakin banyak otot di tubuh, semakin cepat metabolisme bekerja. Dan, orang-orang tinggi memiliki lebih banyak otot seperti disampaikan ahli nutrisi Shari Portnoy mengutip laman Health, Jumat (17/5/2018).

"Sebenarnya, ini sama ketika kita lebih sulit menurunkan berat badan yanga tinggal 2 kg lagi menuju angka ideal," kata Portnoy.

Faktor lainnya, wanita bertubuh pendek mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama dengan teman yang lebih tinggi.

"Misalnya, seseorang dengan tinggi badan 175 cm berbagi pizza ukuran yang sama dengan temannya dengan tinggi 155 cm. Bagi orang yang pendek, kelebihan kalori menumpuk sementara bagi teman yang tinggi tak jadi masalah," kata Petre.

Namun, tidak semudah itu mengatakan orang tinggi lebih mudah menurunkan berat badan dibanding orang pendek. Seperti diungkap di atas, ada bebreapa faktor lain seperti gen, hormon, tingkat olahraga, diet, yang turut memengaruhi penurunan berat badan seseorang.

3 dari 3 halaman

Cara orang pendek menurunkan berat badan

Walau lebih sulit menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang pendek.

1. Angkat beban

"Walau pendek, lakukan latihan kekuatan seperti angkat beban untuk meningkatkan massa otat. Sehingga membantu membakar lebih banyak kalori," saran Petre.

2. Dengar kebutuhan tubuh

"Orang pendek tak bisa makan sebanyak temannya yang tinggi. Namun, Anda sebaiknya mendengarkan tubuh, apakah sudah kenyang atau belum," kata ahli nutrisi, Tracy Lockwood Beckerman.

3. Hitung kebutuhan kalori

Hitung kebutuhan kalori lewat aplikasi tertentu dengan memasukkan tinggi badan, berat badan dan tingkat aktivitas fisik. Sehingga bakal diketahui jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari.