Sukses

Manfaat Pelukan, Bikin Memori Tajam hingga Bantu Bakar Kalori

Pelukan tak hanya baik untuk kesehatan emosi dan mental, tapi juga untuk tubuh dan fisik.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bila pelukan, terutama dari orang yang disayang, bisa memberi perasaan hangat dan nyaman. Bahkan, dengan pelukan, hubungan pasutri bisa semakin intim dan harmonis.

Pelukan tak hanya baik untuk kesehatan emosi dan mental, tapi juga untuk tubuh dan fisik. Selengkapnya, yuk kita bahas di sini sejumlah manfaat pelukan yang mungkin selama ini belum pernah kamu ketahui.

Membakar KaloriDikutip dari thehealthsite.com, pelukan bisa membakar 12 kalori. Dengan kata lain, setiap kali kamu berpelukan, ada kalori yang akan terbakar. Wah, baru tahu nih.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Otot-otot tubuh terasa kaku? Coba atasi dengan pelukan. Berpelukan bisa bantu memperlancar sirkulasi darah. Otot-otot yang tadinya kaku akan lebih rileks. Sehingga perasaan stres atau tertekan bisa reda.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Saat kita berpelukan, tulang dada (sternum) akan mendapat tekanan yang kemudian bisa menstimulasi kelenjar timus untuk memproduksi sel-sel darah putih di tubuh. Kekebalan tubuh bisa meningkat, jadinya enggak akan gampang jatuh sakit.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan daya ingat

Meningkatkan Daya Ingat

Hormon oksitosin akan menyebar ke pembuluh darah saat kita memeluk erat orang yang kita cintai. Ini kemudian bisa bantu meningkatkan daya ingat dan menurunkanstres. Pikiran pun jadi lebih rileks.

Menurunkan Tekanan Darah

Produksi hormon oksitosin juga akan meningkat saat berpelukan. Meningkatkan oksitosin ini bisa menurunkan kortisol yang kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah. Emosi jadi lebih stabil dan nggak gampang marah-marah lagi.

Ada banyak manfaat positif yang bisa didapat dari pelukan. So, jangan ragu untuk lebih sering memeluk orang-orang tercinta di sekitarmu, ya ladies.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.