Sukses

Jerawat di Vagina, Normal atau Bahaya?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat biasanya tumbuh di wajah atau punggung, tapi ada juga kasus di vagina. Apakah hal ini normal atau tidak?

"Jerawat di vagina memang tidak umum seperti jerawat di wajah, punggung, dada. Namun, jerawat vagina itu memang bisa terjadi tapi jarang," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan asal Georgia, Kyrin Dunston mengutip laman Prevention, Selasa (8/5/2018).

Penyebab kehadiran jerawat di area sekitar vagina sama halnya dengan di wajah. Yakni akibat produksi minyak berlebih seperti disampaikan dokter kebidanan dan kandungan Kecia Gaither.

Bisa jadi juga, kata Kecia, jerawat di area vagina muncul karena fluktuasi hormon selama menstruasi. Kemungkinan jerawat hadir saat menstruasi juga meningkat karena pertumbuhan bakteri di area tersebut sedang meningkat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

Atasi jerawat di vagina

Jerawat di vagina biasanya sembuh sendiri, seperti halnya pada wajah. Walau begitu, penting untuk tetap menjaga kebersihan area genital. Pastikan vagina bersih dan kering serta menggunakan pakaian dalam berbahan katun agar sirkulasi udara di area intim terjaga.

Dilarang memencet jerawat tersebut. Hal itu hanya akan membuat kondisi vagina jadi parah atau hal yang terburuk bisa menyebabkan infeksi kulit bernama selulitis.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Utama Vagina Sakit Setelah Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
Penyakit Usus hingga Poni, Penyebab Jerawat yang Belum Anda Ketahui