Sukses

Awas, Perut Buncit Akibat Bir Bisa Jadi Tumor

Tak hanya memabukkan, konsumsi bir terlalu banyak bisa membuat pria mengalami perut buncit. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Bir adalah minuman beralkohol yang paling banyak dikonsumsi. Dan ternyata, tak cuma bikin mabuk, minuman beralkohol ini disebut-sebut dapat membuat perut buncit, terutama bagi pria.

Dilansir dari Tech Times, Jumat (6/4/2018), bir terdiri dari berbagai macam varian, tergantung dari merek dan tipenya. Namun pada umumnya, bir yang mengandung empat persen alkohol, memiliki 153 kalori, 13 gram karbohidrat, dan 2 gram protein. Semakin tinggi kandungan alkohol dalam sebotol bir, maka semakin tinggi pula kandungan kalorinya.

Sebuah penelitian menunjukkan pria yang mengonsumsi tiga botol bir, memiliki lemak perut 80 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, kasus ini lebih banyak dialami pria daripada wanita. Hal ini karena pria cenderung mengonsumsi alkohol tiga kali lebih banyak dibandingkan wanita.

Tak hanya itu, minuman beralkohol yang Anda konsumsi akan mencegah tubuh melakukan pembakaran asupan makanan lainnya. Hal ini karena, tubuh memprioritaskan pemecahan kandungan alkohol di dalamnya, daripada asupan makanan lainnya, termasuk lemak yang tersimpan.

Meski demikian, penelitian sebelumnya menyebutkan jika Anda mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang pas, bir tidak akan menyebabkan perut buncit.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perut buncit karena bir bisa jadi tumor?

Fakta lainnya, timbunan lemak dan perut bunci akibat minum bir bisa berkembang menjadi tumor.

Seorang pria asal Amerika Serikat, Kevin Daly mengalami perut buncit selama lebih dari satu dekade. Namun demikian, perut buncit yang dimilikinya ini ternyata telah berkembang menjadi tumor setelah seorang dokter memintanya untuk melakukan pemindaian CAT (Computed Axial Tomography).

Akhirnya, operasi pengangkatan tumor perut seberat 13.5 kilogram tersebut pun berhasil. Daly mengalami liposarcoma, yakni sejenis tumor yang muncul dari jaringan lemak dan sering terjadi di paha, belakang lutut, kaki, atau perut. Kemudian diketahui perut buncit yang dimilikinya tersebut berasal dari kebiasaanya mengonsumsi bir berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.