Sukses

Makanan Ini Mengandung Senyawa yang Terdapat di MSG

Sekali pun kita tidak menambahkan penyedap rasa mengandung MSG, citarasa yang sama bisa diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu dan sayuran.

Liputan6.com, Jakarta MSG (monosodium glutamat) merupakan senyawa yang memberi citarasa gurih. Sekali pun kita tidak menambahkan penyedap rasa mengandung MSG, citarasa yang sama bisa diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu dan sayuran.

Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Purwiyatno Hariyadi, mengatakan, kaldu yang sering dibuat oleh orang Indonesia, sebenarnya menyerupai dengan yang di Tiongkok. Terbuat dari ayam, daging sapi, atau ikan.

"Kaldu dari negara kita dan Tiongkok mempunyai rasa yang lebih kompleks karena adanya asam amino yang lebih beragam dari tulang, daging, dan sayur-sayuran," kata Purwiyanto dalam sebuah diskusi yang diadakan PT Ajinomoto Indonesia di kawasan Sunter, Jakarta Utara pada Kamis, 29 Maret 2018.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Citarasa gurih yang dihasilkan MSG

Senyawa citarasa umami (gurih) seperti yang dihasilkan MSG pertama kali diidentifikasi oleh Kikunae Ikeda, seorang profesor sekaligus ilmuwan di Tokyo Imperial University, pada 1908.

Citarasa itu dia temukan dari konbu yang disantapnya. Konbu atau Laminaria japonica merupakan sejenis rumput laut yang mengandung suatu asam amino yaitu asam glutamat.

"Kalau sekarang, citarasa umami ini bisa kita temukan di udang, kecap, saus, dan terasi. Itu mengapa kalau kita makan saus tomat, saus sambal, rasanya nikmat banget. Karena tomat pun mengandung senyawa serupa," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.