Sukses

Selain Dikubur dalam Es seperti Limbad, 7 Hal Ini Perbesar Risiko Hipotermia

Beberapa kondisi ini bisa membuat tubuh Anda rentan terpapar dingin dan terserang hipotermia, seperti Limbad, ketika mengubur diri di tengah balok es.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati masa-masa kritis akibat hipotermia, kondisi pesulap Limbad dikabarkan membaik. Kondisi ini dia alami usai melakukan aksi mengubur diri di tengah es untuk acara di sebuah stasiun televisi.

Hipotermia merupakan keadaan darurat saat tubuh kehilangan panasnya, dan membuat suhu menjadi turun. Normalnya, tubuh memiliki suhu sekitar 98,6 Fahrenheit atau sekitar 37 derajat Celsius. Ketika mengalami hipotermia, tubuh bisa turun di bawah 35 derajat Celsius.

Ketika suhu tubuh menurun, jantung dan organ lain tidak bisa bekerja dengan normal. Bahkan, jika terlambat bisa menyebabkan kematian.

Namun, dikutip dari Mayo Clinic pada Senin (26/3/2018), faktor risiko hipotermia menjadi lebih tinggi bila disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1. Kelelahan

Tingkat toleransi tubuh akan dingin berkurang ketika Anda merasa lelah.

2. Usia Tua

Kemampuan tubuh untuk mengelola suhu dan rasa dingin, bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Beberapa orang tua akan sulit berkomunikasi ketika kedinginan, atau ketika pindah ke lokasi yang hangat dari tempat yang dingin.

3. Usia Muda

Anak-anak akan kehilangan panas lebih cepat daripada orang dewasa. Mereka juga terkadang abai pada rasa dingin karena terlalu bersenang-senang. Selain itu, mereka tidak memikirkan bagaimana pakaian yang tepat dikenakan dalam suhu dingin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alkohol dan Obat-Obatan

4. Orang dengan Masalah Mental

Orang yang menderita penyakit mental, demensia, atau hal lain, mungkin tidak terpikir untuk memakai pakaian untuk suhu dingin. Orang dengan demensia mungkin akan berkeliaran di sekitar rumah dan mudah tersesat. Mereka bisa saja terkena hipotermia ketika berada di suhu dingin tanpa tahu jalan kembali.

5. Alkohol dan Pemakaian Narkoba

Alkohol memang dapat membuat tubuh merasa hangat. Namun, itu menyebabkan pembuluh darah mengembang. Proses ini menyebabkan tubuh akan lebih cepat kehilangan panas.

Selain itu, penggunaan alkohol dan narkoba juga membuat Anda tidak akan berpikir tentang pakaian di suhu dingin. Jika orang mabuk atau pingsan saat cuaca dingin, ada kemungkinan dia mengalami hipotermia.

6. Kondisi Medis

Beberapa gangguan medis memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Contohnya seperti tiroid yang tidak aktif atau hipotiroidisme, nutrisi yang buruk atau anorexia nervosa, diabetes, stroke, cedera artritis yang parah, Parkinson, trauma, dan cedera tulang belakang.

7. Obat-obatan

Beberapa obat seperti antipsikotik obat nyeri, dan obat penenang, dapat mengubah kemampuan tubuh dalam mengatur suhu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hipotermia merupakan suatu kondisi di mana suhu tubuh turun secara drastis dan dapat membahayakan orang yang mengalaminya.

    hipotermia

  • Limbad

Video Terkini