Sukses

5 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Bikin Bau Badan

Liputan6.com, Jakarta Bau badan kerap menjadi masalah besar bagi seseorang. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya bau badan, seperti kebersihan diri, kondisi kesehatan, dan sebagainya.

Namun demikian, bau badan juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Dilansir Men's Health, Jumat (9/2/2018), berikut adalah makanan yang dapat menyebabkan bau badan ketika dikonsumsi.

1. Brokoli

Semua bahan makanan yang mengandung belerang akan menyebabkan bau badan. Hal ini disebabkan oleh belerang yang diproses melalui kelenjar keringat, akan menyebabkan aroma yang tidak sedap.

Namun demikian, bukan berarti Anda harus menghindari konsumsi sayuran yang mengandung belerang. Lantaran sayuran ini pun juga bermanfaat bagi kesehatan, tertama dalam melawan beberapa penyakit.

Anda dapat membuat selingan dengan memakan sayuran yang tidak mengandung belerang, untuk menghindari bau badan tidak muncul secara terus menerus.

2. Bawang merah dan bawang putih

Kedua jenis bawang ini memang kerap dikaitkan dengan bau mulut. Lantaran memang aroma bawang yang bereaksi dengan mulut akan memunculkan bau tidak sedap.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir, hanya dengan menyikat gigi dan minum banyak air, tubuh Anda pun bebas dari bakteri yang menyebabkan munculnya bau badan dari mulut tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Menyantap ikan dapat menyebabkan bau badan

3. Ikan

Memang tak semua orang yang mengonsumsi ikan tidak mengalami bau badan, melainkan mereka yang menderita gangguan metabolisme yaitu trimethylaminuria (TMA). Umum dikenal sebagai sindrom bau ikan, penderita kelainan ini tidak dapat memecah senyawa yang memiliki bau amis.

Apabila anda mencerna makanan seperti telur, ikan atau beberapa jenis sayuran, tubuh akan memproduksi trimetilamina di usus. Saat diproses dalam tubuh, cairan hasil proses metabolisme akan dikeluarkan melalui urin, napas, keringan, dan air mani. Hal inilah yang menyebabkan munculnya bau badan.

4. Daging Sapi

Salah satu kelompok daging merah ini pun berpotensi membuat tubuh Anda mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini karena kandungan lemak pada daging sapi akan bereaksi dengan bahan kimia yang akan dikonsumsi oleh kelenjar keringat.

Ditambah lagi, bakteri pada kulit dapat masuk pada asam lemak tersebut, sehingga hal ini dapat menciptakan bau badan yang sangat tajam.

5. Minuman Beralkohol

Ketika Anda mengonsumsi minuman beralkohol, hal itu akan menimbulkan reaksi dengan bahan kimia pada mulut, yang akan menghasilkan asetaldehida. Senyawa ini memiliki aroma menyengat yang tidak sedap.

Alkohol pun dapat membuat mulut Anda kering, sehingga sel-sel dalam rongga mulut pun mati dan membusuk. Hal inilah yang menyebabkan munculnya bau mulut.

Artikel Selanjutnya
Makan Permen Karet Justru Bikin Bau Mulut, Kok Bisa?
Artikel Selanjutnya
Gosipnya 4 Seleb Hollywood Ini Memiliki Aroma Tubuh Tak Sedap