Sukses

Arthritis Dapat Dilawan dengan 5 Tanaman Herbal Ini

Liputan6.com, Jakarta Arthritis (radang sendi) umumnya disebabkan oleh degradasi tulang rawan. Penuaan menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit ini. Oleh sebab itu, lansia menjadi orang paling berisiko terkena arthritis. Selain itu, infeksi dan cedera tulang pun bisa menjadi faktor lainnya.

Dilansir Step to Health, Senin (5/2/2018), penyakit arthritis dapat dicegah dengan mengonsumsi minuman yang berasal dari 5 tanaman herbal. Minuman tersebut dipercaya mengandung zat-zat yang dapat meredakan rasa sakit dan melumasi sendi.

Apa sajakah tanaman herbal itu? berikut ulasannya:

1. Dandelion

Selain bentuknya yang cantik, dandelion memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tanaman bunga ini mengandung sejumlah besar vitamin A dan C, yang dapat melindungi jaringan pelapis sendi.

Sifat diuretik pada dandelion pun dapat membantu melawan retensi cairan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan peradangan jaringan.

Anda dapat mengonsumsi dandelion yang sudah direbus dengan air mineral 3 kali seminggu. Minumlah saat perut kosong, agar dapat beraksi dengan baik dalam tubuh.

2. Kamomil

Meski dikatakan tidak memiliki efek sebaik bahan herbal lainnya, bunga kamomil pun dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Senyawa sedatif pada tanaman ini dapat membantu mengendurkan otot yang kaku dan mengurangi peradangan.

Minuman sehat terbuat dari tanaman herbal ini dapat anda minum tiga gelas sehari. Apabila mengalami rasa sakit yang hebat karena arthritis, Anda dapat beristirahat, sehingga minuman herbal tersebut dapat bereaksi pada tubuh.

 

Simak juga video berikut ini :

2 dari 2 halaman

Bahan Herbal ini juga dapat memperbaiki sirkulasi darah

3. Rosemary

Rosemary merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda coba untuk mengurangi gejala peradangan sendi. Tanaman ini mengandung minyak esensial, antioksidan, dan anti radang yang kuat guna membantu memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan rasa lega pada sendi.

Rosemary dapat digunakan sebagai obat luar atau juga dapat dikonsumsi dengan merebusnya terlebih dahulu. Anda dapat meminum air rebusannya dua kali sehari yaitu ketika bangun pagi dan sebelum pergi tidur. Apabila rasa sakit tetap menyerang, kompres menggunakan air rebusan tersebut.

4. Jeruk limau

Jeruk berukuran kecil ini dapat meningkatkan sekresi keringat. Hal inilah yang dapat mengobati arthritis, terutama bila penyebabnya yaitu akumulasi asam urat. Melalui keringat, tubuh dapat membuang racun yang dapat mengatasi peradangan sendi.

Anda dapat mengonsumsi rebusan jeruk limau dua cangkir per hari, minimal selama dua minggu.

5. Kulit pohon willow putih

Bersifat anti-inflamasi, kulit kayu willow putih ini bekerja dengan mengurangi rasa sakit pada sendi dan memperbaiki aliran darah guna pengangkutan oksigen dan nutrisi yang optimal.

Bahan herbal ini mengandung zat aktif yang dikenal sebagai salicin, dapat diubah menjadi asam salisilat dapat tubuh, sehingga dapat memberikan efek analgesik yang serupa dengan aspirin.