Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Waspada, Aktivitas Ini Perlahan Dapat Membunuh Sperma

Liputan6.com, Jakarta Sperma, bagi seorang pria, merupakan salah satu aset yang harus dijaga. Menjaga kualitas sperma berarti juga memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi, serta latihan fisik yang Anda lakukan. 

Namun demikian, ternyata ada hal-hal yang pantang dilakukan oleh pria jika ingin kualitas spermanya terjaga baik. Dilansir Men's Fitness, Sabtu (20/1/2018), ketujuh aktivitas di bawah ini dapat membunuh sperma, sehingga dapat menyebabkan kemandulan bagi para pria.

1. Mengonsumsi obat antirontok dan antidepresan

Obat antirontok mengandung propecia dan proscar dipercaya dapat mengurangi hormon pria. Oleh sebab itu, kandungan dalam obat antirontok dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Efek dari obat ini akan berhenti jika mereka pun tidak mengonsumsinya lagi. Selain itu, obat antidepresan, seperti Paxil dan Prozac, berpotensi menghancurkan DNA.

2. Kerap bersepeda

Tujuan kantung testis diciptakan menggantung yaitu agar sperma tetap berada pada suhu 96 derajat Fahrenheit (2.8 derajat lebih rendah dari suhu tubuh). Ketika bersepeda, testis pun tertekan, sehingga suhu sperma pun meningkat. Akibatnya, arteri dan vena pada organ reproduksi pun terganggu.

3. Berendam di bak air panas

Aktivitas yang meningkatkan suhu pada testis memang tidak baik bagi sperma. Dengan berendam air panas, maka suhu di testis pun meningkat, sehingga yang pada awalnya kualitas sperma menurun, lama-lama bisa mati. 

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

Sesuatu yang berlebih itu tidak baik

4. Minum kopi dengan dosis tinggi

Sesuatu yang berlebih memang akan menimbulkan efek yang tidak baik. Kadar kafein dalam kopi sebenarnya dapat memacu kecepatan sperma untuk sampai ke sasaran. Namun demikian, apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka efek yang timbul setelahnya adalah rasa lelah yang luar biasa. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap sperma.

5. Bertambahnya usia

Tak hanya wanita, ternyata pria pun memiliki waktu biologis. Memasuki usia 40, kekuatan sperma akan menurun, dan pada usia 50, sperma akan semakin kehilangan kekuatannya.

6. Merokok dan konsumsi minuman beralkohol

Tak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Kandungan nikotin lah yang menyebabkan semuanya itu terjadi. Oleh sebab itu, mulailah hidup sehat dengan berhenti merokok dan meminum minuman beralkohol, agar keinginan untuk memiliki buah hati dapat terwujud.

7. Merasa stres

Kondisi psikologis sangat erat kaitannya dengan kondisi sperma. Ketika pria merasa dirinya kehilangan kejantanan, sehingga gairah seks pun akan menurun. Akibatnya, kondisi sperma pun menjadi buruk. Oleh sebab itu, bagi para wanita, berikan motivasi dan semangat bagi pasangan Anda.

 

Artikel Selanjutnya
Usai Bercinta, Pantang Tidur Pakai Celana Dalam Berbahan Nilon
Artikel Selanjutnya
Gairah Seksual Menggebu Saat Menstruasi, Kenapa Ya?