Sukses

Gitaris Cilik Azry, Nyanyi Cengkok Melayu Total Sampai Metallica

Liputan6.com, Jakarta Teka-teki dan tanda tanya seputar bocah ajaib yang pandai menyanyi dan bermain gitar, terjawab sudah. Nama lengkapnya adalah Azry Shazreen Bin Sabri. Ia lahir tanggal 22 Januari 2009 di Sandakan, Sabah, Malaysia.

Selain mengcover lagu "Kehilangan" Firman, Azry juga punya puluhan video cover yang lebih keren. Ia mampu menguasai berbagai genre musik, mulai Melayu total sampai lagu-lagu Metallica.

Bungsu dari 4 bersaudara ini telah dikenalkan musik oleh keluarganya sejak ia masih bayi. Tak hanya mendengar berbagai jenis lagu, Azry juga kerap mengikuti irama lagu dengan gitarlele.

Menurut kakaknya, Redzma Sabri, Azry punya kemampuan mengulik lagu yang ia baru dengar secara cepat. Tak heran, permainan gitar sang bocah ajaib di situs berbagi video banyak menuai pujian dari masyarakat dunia.

"Azry mulai menyanyi pada umur 1 tahun. Kemudian ia mulai main gitar pada umur 3 tahun," beber Redzma secara khusus kepada Health-Liputan6.com saat berkorespondensi melalui surel, Kamis (28/12/2017).

Kakak sekaligus manager Azry ini menuturkan jika penyanyi cilik itu juga senang mempelajari teknik gitar di situs berbagi video.

"Bermula belajar dari abang, kakak, dan orang-orang di sekelilingnya. Azry memang cepat menangkap ajaran orang," ucap Redzma.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

1 dari 4 halaman

Musik Melayu sampai musik metal

Skill hebat Azry bermain gitar tentu ada silsilahnya. Namun, sang kakak mengakui kalau talenta Azry sudah terlihat sejak ia baru lahir. 

"Bakat seni Azry adalah natural, bakat dari lahir. Selebihnya, ia memiliki darah seni dari dari keluarga," kata Redzma.

Berikut kami hadirkan beberapa lagu hits yang dicover oleh Azry, berikut pencapaian jumlah viewers di situs berbagi video.

1. "Soldier of Fortune" - Deep Purple (Disaksikan lebih dari 208 ribu viewers)

Video yang diunggah pada 3 Oktober 2016 ini cukup banyak yang menonton. Azry begitu lihai memainkan lagu yang dirilis Deep Purple pada 1974. Tercatat, ada 175 komentar yang membanjiri posting-an video ini. 

Cukup terkejut sih anak seumuran Azry bisa hafal lagu dari band hard rock Inggris yang mejeng di album Stormbringer. Ya, Deep Purple dianggap sebagai salah satu pelopor musik heavy metal bersama dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath.

Banyak warganet yang ikut bahagia saat menonton video ini. Salah satunya mengatakan bahwa Azry merupakan keajaiban alam dan bakatnya adalah anugerah Tuhan. 

2. “Dari Mata” Jaz (Disaksikan lebih dari 277 ribu viewers)

Video ini diunggah pada 16 Desember 2016. Lagu ini merupakan lagu penyanyi Brunei Darussalam yang eksis di Indonesia. Azry mampu membawakan nuansa baru dari lagu yang dilantunkan oleh Jaz. Terhitung ada 323 komentar yang antusias dengan video tersebut.

Lagu ini muncul kemudian booming pada 2016. Azry pun tak menyia-nyiakan dengan ikut meng-cover tembang milik penyanyi kelahiran 5 Maret 1993. Liriknya sendiri berceloteh tentang seorang pria yang jatuh cinta ke perempuan pada pandangan pertama.

3. "Nothing Else Matter" Metallica (Disaksikan hampir 7,7 juta viewers)

Ini dia pencapaian penonton video cover Azry yang paling ramai ditongkrongin. Tidak hanya menyedot antusiasme hampir 8 juta orang, video ini juga paling banyak menuai decak kagum para warganet. Coba bayangkan, ada 12.489 komentar. Bahasanya pun bervariasi. Mulai dari bahasa Indonesia, Melayu, Inggris, Amerika Latin, Australia, Prancis, bahkan bahasa yang sama sekali asing terlihat.

Video yang diunggah pada 27 April 2016 ini jadi rekor tersendiri dan kebanggaan lebih untuk seniman kreatif seperti Azry. Anak seumuran Azry mampu menghentak dengan chord-chord gitar sulit dari Metallica. Sebuah band metal populer yang terbentuk di Los Angeles, Amerika Serikat, yang dulunya bernama The Young of Metal Attack.

Inilah kehebatan Azry. Mungkin ia tidak pernah mengenal formasi pertama Metallica yang terdiri dari Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Tapi nyatanya, ia mampu membuat hanyut para penonton dengan menyanyikan "Nothing Else Matter" secara fasih lengkap dengan harmonisasi melodinya.

Sekadar informasi, lagu yang dibawakan Azry termasuk salah satu lagu ballads fenomenal yang jadi signature Metallica. Lagu ini dirilis tahun 1992 dan ini adalah single ketiga dari album ke-5 mereka yang disebut The Black Album. Berkat lagu ini, Lars Ulrich dan kawan-kawan berhak memboyong piala Grammy Award untuk kategori Best Metal Performance pada 1992.

4. “Putih-Putih Melati” dan "Terbaik Untukmu" ST 12 (Total disaksikan lebih dari 160 ribu lebih viewers)

Genre Melayu total yang kali ini dicover Azry adalah band ST 12. Video "Putih-Putih Melati" di-publish pada 27 Desember 2013, saat usia Azry masih 4 tahun. Video ini ditonton sekitar 17 ribu orang.

Skill gitar Azry di video berdurasi 1 menit 16 detik ini masih belum terpancar. Maklum saat itu ia masih belajar membawakan lagu dari band yang dibentuk oleh Pepep tahun 2004 di Stasiun Timur No. 12, Bandung.

Lagu ini merupakan salah satu jagoan yang terbungkus di album Lentera Hati. Lagu ini sangat digemari publik Malaysia, bahkan menduduki peringkat teratas dalam chart radio-radio popular di Malaysia. "Putih-Putih Melati" nya ST 12 pernah menjadi No.1 Top Track untuk Daily Video yang terpopuler di YouTube Malaysia dan mendapatkan anugerah 16 kali Platinum Awards. 

Tiga tahun kemudian, tepatnya 23 Mei 2016, Azry mencoba meng-cover lagu "Terbaik Untukmu". Beda dengan yang pertama, cover ini ditonton lebih dari 143 ribu viewers

 

2 dari 4 halaman

Dari Hotel California sampai Lagu Elvis Presley

5. "Hanya Dalam Lagu" Handy Black (Disaksikan hampir 37 ribu viewers)

Kali ini Azry mencoba bantu menng-cover musikus negerinya sendiri. Ya, Handy Black merupakan band rock asal Malaysia. Video yang di-posting pada 28 Desember 2013 ini hanya dikomentari 21 orang. Saat itu, usia Azry memang masih balita.

Lagu milik handy Black ini drilis pada bulan Juli tahun 2009, atau berselang 5 bulan setelah Azry dilahirkan. 

Grup band rock asal Malaysia ini berdiri pada tahun 1986 dengan formasi Amar (vokal), Lee (gitar), Elly (drum), dan Zam (bass). Lagu ini direkam di album Tangan Hitam dan dirilis pada 13 Juni 2016.

6. “Can’t Help Falling in Love” Elvis Presley (Disaksikan lebih dari 71 ribu viewers)

Generasi 90-an saja mungkin enggak tahu dan kenal dengan Elvis Presley. Tapi, bocah ajaib Azry justru bisa membawakan dengan ciamik tembang legendaris milik Elvis Presley. Jadi penasaran deh, siapa yang jadi mentor dan mengenalkan lagu Elvis ini ke Azry.

Video yang di-posting pada 27 April 2016 ini menuai 115 komentar. Kamu bisa telusuri apa saja yang jadi obrolan seru warganet di video ini. Bayangkan, lagu ini pertama dirilis pada 23 Maret 1961. "Can't Help Falling in Love" terdapat di album berjudul Blue Hawaii.

7. “Bila Tiba” Ungu (Disaksikan lebih dari 114 ribu viewers)

Kali ini Azry coba meng-cover lagu milik grup band Ungu. Video yang diunggah pada 8 Desember 2016 ini mampu menyedot perhatian warganet sebanyak 106 komentar. Cara Azry menyanyikan lagu ini juga cukup baik.

Pasha, Enda, Makki, Oncy, dan Rowman merilis lagu ini pada tahun 2013. Lagu ini kemudian didapuk menjadi OST film Sang Kiai. Lagu "Bila Tiba" sendiri tertuang di album musik kompilasi religi Ungu yang berjudul Ruang Hati. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Pasha.

8. "Hotel California" Eagles (Disaksikan hampir 106 ribu viewers)

Hal lain yang bikin kita kaget adalah saat Azry meng-cover lagu super fenomenal seperti "Hotel California". Video ini baru beberapa bulan lalu diunggah, tepatnya pada 6 September 2017. Namun, antusiasmenya luar biasa. Ada 161 komentar yang dominan memuji keberanian Azry bernyanyi dengan nada-nada tinggi dan melengking. Vibranya pun cukup baik dan tidak dibuat berlebihan.

Eagles atau The Eagles adalah grup musik rock asal Los Angeles, California, yang dibentuk pada 1971. Formasinya dihuni oleh Glenn Frey, Don Henley, Bernie Leadon, dan Randy Meisner. Kembali, Azry pun tak sungkan untuk membawakan lagu-lagu lawas. Boleh jadi kids zaman now pernah mendengar grup peraih enam Grammy Awards dan lima American Music Awards. Benar, Eagles adalah salah satu grup musik paling hits di tahun 70-an. Album yang mmeuat lagu ini juga masuk daftar 20 album terlaris di Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Berapa lama Azry menguasai sebuah lagu?

9. "Rindu-Rindukanlah Diriku" Indie Mice (Disaksikan hampir 27 ribu viewers)

Sebagai musikus, jiwa nasionalisme Azry layak diacungi jempol. Ia tidak melulu membawakan lagu-lagu hits dari musikus mancanegara. Bocah ajaib ini juga peduli dengan musisi lokal khas Malaysia. Salah satu yang ia sukai adalah Indie Mice.

Video yang di-posting pada 11 Februari 2014 memang cuma berisi 12 komentar. Namun, banyaknya jumlah penonton menandakan bahwa lagu yang dibawakan oleh Azry terbukti populer di negaranya.

"Rindu-Rindukanlah Diriku" salah satu tembang milik Indie Mice yang direkam dalam Album Berubah. Lagu ini sendiri baru dirilis pada tahun 2012. Band ini beranggotakan Noah (vokal dan gitar), Hadi (gitar), Hazreq (drum), Dede (bass), dan Ledu (gitar dan vokal). Nama yang terakhir disebut adalah warga negara Indonesia yang lama merantau di Malaysia. Kini, Ledu telah pulang ke Jakarta dan menjadi gitaris sebuah band bergenre pop punk, yaitu Vespunk.

10. "Hidup Segan Mati Tak Mau" Gamma 1 (Disaksikan lebih dari 436 ribu viewers)

Band ini memang identik dengan pop Melayu. Namun, Gamma 1 adalah grup band asli Indonesia yang bernaung di label Trinity Optima Production. Video klip asli dari lagu ini telah ditonton 15 juta orang lebih.

Seiring berjalannya waktu, vibra Azry dalam menyanyi kian terlihat. Di kolom komentar video cover ini, terjadi perdebatan sengit soal kewarganegaraan Azry. Lewat berita ini clear semua keraguan. Apa pun itu, Indonesia dan Malaysia adalah bersaudara.

Lagu ini drilis oleh Gamma 1 tahun 2014. Tembang ciptaan Herry ini menceritakan tentang ketulusan dan pengorbanan seseorang untuk orang lain. Lagu ini ada di album Hidup Segan Mati Tak Mau, bersama lagu "Jomblo Happy" yang juga sangat disukai di Malaysia.

Satu pertanyaan terakhir yang bikin penasaran. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Azry untuk bisa menghafal lirik lagu dan mencari chord gitarnya? "Hanya 1 hari," jawab Redzma Sabri.  

 

Artikel Selanjutnya
Pilih Sekolah, Via Vallen Tinggalkan Audisi Indonesian Idol
Artikel Selanjutnya
Padi Reborn, Barasuara, dan Radioaktif Tampil Membara di Konser Dare To Rock