Sukses

Canggih, Ada Bra Pendeteksi Stres

Liputan6.com, Jakarta Bra yang satu ini tidak hanya berfungsi menyangga payudara tapi juga memberi tahu tingkat stres penggunanya. Namanya Vitali dari Kickstarter.

Vitali diklaim sebagai salah satu sport bra canggih. Berbeda dengan bra biasa, di dalamnya ada sensor napas, postur, dan variabilitas denyut jantung (heart rate variability/HRV).

HRV sendiri merupakan salah satu indikator stres pada seseorang."Ketika bra ini mendetesi tingkat HRV semakin rendah, dengan kode lembut bra ini mengingatkan penggunanya menarik napas dalam-dalam. Lalu memandu mengikuti pola pernapasan selaras dengan ritme jantung," kata pihak Vitali dalam video promosi.

Bra canggih yang tahu Anda stres atau tidak. (Foto:www.kickstarter.com)

Kata mereka, dengan melakukan pengaturan napas akan membantu tubuh mencegah reaksi tak disadari sebelum stres datang seperti mengutip Huffington Post, Jumat (27/10/2017).

Sebuah banyak studi menyebutkan bahwa HRV merupakan indikator tingkat stres yang baik. Dan bila seseorang stres salah satu cara agar lebih tenang dengan bernapas secara sadar (mindful breathing). Ketika menarik napas dalam-dalam, tubuh mengirmkan sinyal kepada otak untuk tenang dan rileks. Lalu otak mengirimkan kembali sehingga stres pun berkurang. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading