Sukses

Usai Pasang Ring Jantung, Kapan Bisa Beraktivitas Normal?

Tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa kembali beraktivitas normal usai jalani pasang ring jantung.

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa kembali beraktivitas normal usai jalani pasang ring jantung. Sekitar seminggu usai pasang ring jantung, Anda sudah bisa beraktivitas normal kembali. Hal itu disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Antonia Anna Lukito.

Namun, waktu tersebut hanya berlaku bagi pasien yang direncanakan melakukan pasang ring jantung saja, yakni pasien yang melakukan check-up lalu ditemukan adanya plak di pembuluh darah koroner sehingga dokter menyarankan dilakukan pemasangan ring jantung.

Pada pasien serangan jantung yang menjalani pasang ring, butuh waktu lebih lama untuk bisa kembali beraktivitas normal.

"Kalau pasien serangan jantung, yang lama datangnya ke rumah sakit, lalu jalani pasang ring jantung itu bisa sampai dengan sebulan (bisa beraktivitas normal)," kata Antonia dalam konferensi pers yang digelar Philips di kawasan Senayan, Jakarta, ditulis Jumat (29/9/2017).

"Namun kalau dia datang cepat (usai serangan jantung), sekitar seminggu sampai dua minggu sudah bisa beraktivitas normal kembali usai pasang ring jantung," tutur dokter yang berpraktik di RS Siloam Lippo Village ini. 

Saat sudah di rumah, pasien bakal mengonsumsi obat, serta diminta untuk mengganti gaya hidup lama menjadi lebih sehat. Seperti mengonsumi makanan sehat dan seimbang, rajin berolahraga, rutin memeriksakan kesehatan, serta tidak merokok.

"Biasanya saya bilang sama pasien supaya kapok merokok. Kalau gaya hidup yang lama masih dijalankan, bakal memberi dampak tidak baik bagi kesehatan," katanya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini