Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lupakan Kondom, Cegah Kehamilan dengan 5 Cara Ini

Anda bisa mencegah kehamilan tanpa pakai kondom.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan yang tak terduga menjadi kejutan bagi pasangan yang belum ingin atau menunda punya anak. Kebanyakan pasangan biasanya memakai kondom saat berhubungan intim untuk mencegah kehamilan.

Namun, tanpa pakai kondom, ada cara lain mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, ditulis dari laman Qunki, Jumat (26/5/2017).

1. Catat siklus menstruasi

Wanita perlu mencatat siklus menstruasi saat berhubungan intim. Waktu yang aman adalah Anda bisa melakukan hubungan intim antara hari ke 8 dan hari ke 20 dari siklus menstruasi pasangan wanita.

2. Metode pull and pray

Pria harus mencegah sperma tidak masuk ke dalam rahim. 

3. Minum pil KB

Cara ini termasuk yang paling populer dan paling aman mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

4. Tanamkan alat tembaga berbentuk T

Dalam metode ini, alat akan ditanamkan oleh dokter untuk mencegah kehamilan. Tembaga berbentuk T termasuk alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR).

5. Sterilisasi

Metode ini akan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Cara ini dianggap lebih aman daripada penggunaan kondom dan bisa dilakukan pria dan wanita.

Namun, kelemahannya adalah metode ini bersifat permanen. Artinya, Anda tidak akan bisa memiliki anak biologis (anak kandung) di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.