Sukses

Tak Dianjurkan Gunakan Obat Kumur Setiap Hari, Kenapa?

Penggunaan obat kumur dipercayai mampu menghilangkan plak dan kotoran yang menempel di gigi, tapi pemakaian tidak dianjurkan setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan obat kumur dipercaya mampu menghilangkan plak dan kotoran yang menempel di gigi. Tapi obat kumur rupanya tak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Mengapa?

Menurut Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG, kandungan di dalam obat kumur jika digunakan setiap hari dapat membahayakan kesehatan mulut.

"Ingredients (kandungan) dari obat kumur banyak yang kurang baik, diantaranya kalau mengandung alkohol yang sifatnya bisa membuat mulut kering," kata Rina saat ditemui Health-Liputan6.com, usai acara 3M Dental Expo, di kawasan Senayan, Selasa (16/5/2017). 

Rina menyarankan untuk menggunakan obat kumur dua kali dalam seminggu agar terhindar dari kekeringan mulut dan kandungan yang dapat merugikan gigi dan mulut tidak menempel terlalu lama di permukaan gigi.

"Sebaiknya menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi dan melakukan flossing," kata Rina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini