Sukses

6 Kesalahan yang Mungkin Anda Lakukan Saat Masak Ikan

Liputan6.com, Jakarta Buat penggemar ikan, pasti menyenangkan jika Anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Dan ketika Anda memilih dan membeli ikan terbaik yang ada di pasar, pasti sudah terbayang rasanya yang lezat.

Namun bagaimana jika setelah dimasak, rasa ikan tadi jauh berbeda dengan bayangan Anda? Jika ini yang terjadi, bisa jadi Anda melakukan kesalahan saat proses memasaknya.

Melansir Pure Wow, Selasa (14/3/2017), berikut kesalahan yang sering dilakukan saat memasak ikan. Pastikan Anda menghindarinya:

1. Langsung dimasak dari kulkas

Memasukkan ikan yang dingin--atau lebih parah, beku--langsung ke penggorengan akan membuat ikan matang secara tidak merata. Untuk menjaga agar ikan tidak matang di luar tapi beku di dalam, biarkan ikan dalam suhu ruang setidaknya 15 menit sebelum dimasak.

2. Merebus lobster secara utuh

"Memasukkan lobster utuh ke dalam panci dengan air mendidih akan membuat ekornya jadi terlalu matang," ujar Luke Holden, CEO and co-founder dari Luke's Lobster.

Pisahkan capitnya dan kukus lalu rebus dalam air mendidih selama 8-9 menit. Kemudian singkarkan buntutnya, dan letakkan dalam panci.

Begitu dagingnya tak lagi transparan, angkat.

2 dari 3 halaman

Periksa tulang

3. Tidak memeriksa tulang

Bahkan ikan fillet yang diklaim tidak bertulang pun masih bisa memiliki sedikit tulang di dalamnya. Usapkan jari Anda ke seluruh permukaan daging ikan, rasakan seandainya ada tonjolan yang runcing.

Jika Anda merasa atau menemukan tulang, keluarkan menggunakan pinset.

4. Meletakkan ikan di penggorengan yang belum panas

Memasukkan ikan ke penggorengan yang belum panas bisa membuatnya lengket dan tidak matang secara merata. Chef Josh Ochoa dan Chef Andy Alexandre dari Ruffian di New York City menyarankan hal berikut:

Lapisi penggorengan dengan minyak canola dan panaskan sampai mencapai panas sedang. Ketika penggorengan sudah panas, masukkan ikan dan diamkan selama 3 sampai 5 menit, lalu balik. Masak kembali selama 3 menit.

Setelah itu, Anda bisa memonitor panas sampai ikan matang sesuai keinginan Anda.

3 dari 3 halaman

Keringkan ikan

5. Tidak mengeringkan ikan

Jika Anda menginginkan ikan yang lembut dan kering, jangan berpikir cairan alaminya bisa membantu. Untuk mencegah ikan jadi keras atau lembek, selalu keringkan ikan menggunakan tisu dapur sebelum memasaknya.

Hal yang sama berlaku juga untuk cumi, ujar Ben Conniff, salah satu pendiri Luke's Lobster. Hindari membeli cumi kemasan yang dibungkus dalam cairan, dan pilihkan cumi yang kering.

6. Menggunakan panggangan atau oven yang kotor

Anda mungkin saja sibuk, namun memasukkan potongan ikan langsung ke panggangan setelah memasak burger atau sayuran akan membuatnya lengket dan terburai.

Bersihkan, keringkan, lalu semprot dengan minyak pemanggang sebelum memasak ikan.

Loading