Sukses

Alternatif Liburan Sekolah Murah, Nonton Bareng si Kecil di Rumah

Bingung mau mengajak anak ke anak ke mana saat liburan sekolah? Di rumah saja, nonton bareng anak. Liburan sekolah bisa jadi seru.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi anak-anak memasuki liburan sekolah. Orangtua tentu perlu merencanakan aktivitas untuk mengisi liburan sekolah jadi berkualitas. Nah, selain jalan-jalan, bisa juga kok mengisi liburan sekolah di dalam rumah.

Liburan sekolah tidak melulu harus di ke luar kota, ke luar negeri, ke kebun binatang, apalagi ke mal. Di rumah pun, orangtua bisa menciptakan liburan sekolah yang seru untuk si Kecil.

"Bisa bosen? Enggak juga karena ada banyak hal yang bisa dilakukan," kata psikolog Carmelia Riyadnhni dalam diskusi bersama HOOQ di Jakarta pada Jumat (16/12/2016) sore.

Liburan sekolah di rumah bisa diisi dengan menonton televisi, membuat resep sederhana, bikin barang-barang kerajinan, atau do it yourself (diy).

Bahkan, bagi bayi di bawah lima tahun aktivitas sederhana seperti susun bantal lalu berjalan di atas bantal itu sudah bisa jadi hal yang seru.

"Bahkan, lompat-lompat di atas kasur itu bagi anak kecil sudah bisa membahagiakan," kata Carmelia menambahkan.

Aktivitas menonton film baik lewat televisi atau tablet juga bisa dilakukan. Ada banyak film-film Indonesia yang mengajarkan hal-hal positif pada anak-anak. Sebut saja Petualangan Sherina, Garuda di Dadaku, hingga Laskar Pelangi.

"Peran orangtua sangat besar dalam memilihkan tontonan film yang tepat bagi anak. Pilih konten yang menghibur dan juga ada edukasinya. Jangan sampai anak menonton film yang banyak kekerasan atau seksualitas," kata Carmelia menuturkan.

Oleh karena itu, sebelum memilih tayangan film yang akan ditonton anak, orangtua harus sudah tahu konten yang akan diberikan.

"Sudah baca review, sudah tahu jalan cerita, ya at least orangtua sudah one step ahead lah dibanding anak," kata Carmelia memberi pesan untuk seluruh orangtua yang bingung mau mengajak anak ke mana saat liburan sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini