Sukses

Pertolongan Pertama Menyingkirkan Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Semua orang bisa mengobati sendiri jerawat yang muncul di wajah. Bukan dengan memencet jerawat yang bisa membuat wajah jadi bopeng di kemudian hari.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Amaranila Lalita Drijono menyarankan masyarakat melakukan pertolongan pertama dengan membeli obat jerawat. Beli obat jerawat di apotek resmi yang sudah diuji dan mendapat cap layak digunakan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI)

"Kalau sudah dapat cap dari BPOM menandakan obat jerawat itu layak untuk dipakai. Jadi jangan main mencet-mencet jerawat tapi harus diobati terlebih dulu," kata Amaranila saat dihubungi Health Liputan6.com pada Jumat (30/9/2016)

Memang nanti jerawat yang disembuhkan menggunakan obat itu akan meninggalkan bintik-bintik hitam tapi akan hilang karena ketutup kulit sendiri. "Dibanding dipencet-pencet yang malah muncul bopeng-bopeng. Bikin semakin nggak pede," kata Amaranila menambahkan.

Kalau sudah pakai obat tapi jerawat yang mengganggu itu tak kunjung hilang baru datang ke dokter untuk diobati dengan cara yang benar.

Sebab kalau dokter kulit tidak sekadar menyembuhkan atau menghilangkan jerawat tersebut melainkan juga mencegah kecacatan akibat jerawat.

"Kecacatan berupa bopeng-bopeng itu," kata Amaranila.

Yang harus dikerjakan memang diobati menggunakan obat jerawat agar tidak meradang.

Loading