Sukses

Cegah Ginjal Rusak dengan 6 Cara Ini

Liputan6.com, New York- Ginjal merupakan organ tubuh yang amat penting. Tugasnya bekerja keras membuang limbah dan cairan berlebih dalam tubuh, mengatur garam, kadar asam, hingga menjaga tekanan darah.

Ketika fungsi ginjal rusak, aneka masalah pun bisa datang. Sayangnya, masih banyak individu yang tidak menyadari kerusakan pada ginjalnya.

Menurut praktisi keluarga Jeremy Allen, gejala kerusakan ginjal biasanya sangat perlahan. Dan ketika seseorang menyadari ada masalah pada ginjal, biasanya sudah masuk dalam tahap serius. Kondisi ini bisa jadi membuat Anda kehilangan 90 persen fungsi ginjal tanpa gejala yang jelas.

Sebelum ada masalah pada ginjal, ada baiknya melakukan enam hal berikut seperti dikutip laman Fox News, Rabu (28/9/2016).

1. Tes kondisi ginjal
Jika Anda berisiko terkena penyakit ginjal, ada baiknya melakukan pemeriksaan fisik ginjal secara tahunan. Ada dua tes sederhana untuk mengetahui kondisi ginjal yakni tes urine (untuk mengetahui kondisi albumin) dan tes darah (mengetahui creatinine).  

2. Kontrol tekanan darah dan gula darah
Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab utama terjadinya penyakit ginjal. Seperti kita ketahui ginjal merupakan organ vaskular yang artinya di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah. Bila ada penyakit terkait pembuluh darah yakni tekanan darah tinggi dan diabetes bisa merusak ginjal.

Jadi, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara rutin.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Jaga berat badan

3. Jaga berat badan 
Menjaga berat badan merupakan salah satu aspek penting menjaga ginjal tetap sehat. Saat tubuh gemuk, ini artinya ginjal perlu bekerja lebih keras untuk menyaring racun. 

Lalu, pada orang obesitas juga meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Dua kondisi ini merupakan penyebat penyakit ginjal.

4. Berhenti merokok
Merokok dapat memperburuk kondisi ginjal dan aneka penyakit yang bisa merusak ginjal seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Memang berhenti merokok itu sulit, namun perlu perjuangan bukan untuk membuat kondisi ginjal dan tubuh secara keseluruhan sehat.

3 dari 3 halaman

Perhatikan aturan konsumsi obat

5. Rutin berolahraga dan jaga asupan makanan
Kerusakan pada ginjal terjadi secara perlahan. Mengonsumsi makanan sehat setiap hari serta rutin melakukan aktivitas fisik membantu mengurangi risiko penyebab penyakit ginjal.

Salah satunya menjaga ginjal tetap sehat dengan mengurangi asupan garam dan membatasi asupan sodium dalam makanan olahan.

6. Hati-hati konsumsi obat nyeri
Banyak resep dan obat yang dijual bebas, termasuk antinyeri, yang disaring oleh ginjal. Jika mengonsumsi obat pastikan selalu berdasarkan resep dokter atau pun petunjuk yang ada. Hindari penggunaan obat yang membahayakan ginjal seperti ibuprofen dan naproxen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.