Sukses

Atasi Mata Kering dengan 4 Ramuan Rumahan Ini

Ramuan rumahan yang bisa menjadi pengobatan alternatif mengatasi mata kering dan iritasi pada mata.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi mata kering sering kali mengganggu kenyamanan penglihatan manusia. Sebelum Anda terburu-buru menggunakan obat khusus mata, cara berikut ini cukup ampuh menangani dengan cepat.

Mengutip laman Reader's Digest, Rabu (14/9/2016) empat bahan alami ini adalah ramuan rumahan yang bisa menjadi pengobatan alternatif mengatasi mata kering dan iritasi pada mata. 

1. Air dan garam

Campuran air dan garam merupakan pengobatan sederhana rumahan untuk mengatasi mata kering dan iritasi. Garam adalah agen antibakteri yang efektif membunuh bakteri.

Campur satu sendok teh garam dengan secangkir air mendidih dan aduk garam hingga larut. Setelah air menjadi dingin, basuh permukaan luar mata dengan perlahan dan pastikan air garam tidak masuk ke dalam mata.

2. Air mawar

Air mawar sangat efektif untuk mengatasi iritasi mata sekaligus mampu membersihkan mata. Anda dapat membilas mata dengan air mawar murni lebih dari satu kali dalam sehari.

3. Mentimun

Saat mata terasa kering, irislah mentimun dan cuci hingga bersih lalu tempatkan irisan tersebut selama sepuluh menit di kelopak mata. Saat kondisi mata sedang iritasi, lakukan hal ini empat sampai lima kali sehari.

4. Teh hijau

Bukan hanya mampu melangsingkan, teh hijau juga mampu mengurangi peradangan dan membantu atasi rasa gatal pada mata. Caranya dengan melarutkan teh hijau dalam air panas, lalu dinginkan air tersebut dan bilas pada permukaan luar mata.

Selain itu, Anda juga dapat mengompres mata dengan kantong teh yang dibasahi langsung selama beberapa menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini