Sukses

Apa yang Jerawat Katakan tentang Kesehatan Anda?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang muncul di wajah mungkin akan sangat mengganggu penampilan Anda. Walaupun ada sejumlah produk di luar sana yang ditujukan untuk mengusir jerawat, terkadang jerawat disebabkan oleh masalah internal tubuh dan hanya akan menghilang setelah masalah tersebut diperbaiki.

Menurut beberapa praktik pengobatan alternatif, tempat di mana jerawat Anda muncul dapat memberikan petunjuk penting mengenai kesehatan internal Anda. Biasanya ini disebut “pemetaan wajah”.

“Hal ini didasarkan pada praktik Ayurvedic dan pengobatan Tiongkok Kuno. Prinsip-prinsipnya sudah mulai diintegrasikan ke dalam beberapa praktik medis Barat,” jelas dokter kulit bersertifikat dan direktur medis, serta pendiri Vanguard Dermatology, Dr Michael Shapiro.

Berikut, Dr Saphiro memetakan delapan zona panas jerawat yang mencoba memberitahu mengenai kesehatan Anda, seperti yang dilansir dari youbeauty, Selasa (16/8/2016).

What Your Acne Is Trying to Tell You About Your Health

1. Dahi

Pencernaan bermasalah karena racun dan kekurangan air putih. “Solusinya adalah dengan minum air putih untuk membuang racun tersebut. selain itu hindari soda dan minuman kafein sebanyak mungkin.” jelasnya.

2. T-zone

Hidung berkaitan dengan hati, bahkan pecandu alkohol dan orang-orang dengan kerusakan hati memiliki hidung merah. Sehingga jerawat di area ini berpotensi menandakan disfungsi hati.

3. Sekitar mata

“Kulit di daerah ini terhubung dengan kesehatan ginjal,” katanya. Selain jerawat, kondisi seperti lingkaran gelap di bawah mata, mungkin menandakan bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik, atau Anda mengalami dehidrasi.

4. Pipi bagian atas

Puncak-puncak pipi terkait dengan paru-paru. Menghirup polusi udara juga dapat berkontribusi. Selain itu, bakteri pada permukaan ponsel atau tidur di sarung bantal yang kotor, juga bisa menjadi penyebab utamanya.

5. Pipi bagian bawah

“Masalah di mulut, terutama yang melibatkan gusi akan terlihat di sini,” ungkapnya. Lebih baik teratur dalam menyikat gigi, flossing, dan hindari makanan dan minuman manis. Hal ini akan meningkatkan kebersihan mulut dan jerawat tersebut.

6. Hidung

Hidung Anda juga terkait dengan jantung Anda, “Pembengkakan atau perubahan bentuk bulat hidung, menandakan tekanan darah tinggi,” catat Saphiro. Untuk memperbaiki hal ini, memodifikasi diet adalah kuncinya. Hindari minuman energi, kurangi asupan garam, serta makan lebih banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah rendah.

7. Telinga

Telinga juga terkait dengan ginjal dan mungkin merupakan sinyal dehidrasi. Pastikan untuk minum lebih banyak air sepanjang hari dan hindari konsumsi garam yang berlebihan.

8. Dagu

Dagu berkaitan dengan usus kecil, sehingga perubahan diet dapat memberikan perubahan besar. “Lebih baik tinggalkan makanan produk olahan susu dan makanan berminyak,” ungkapnya. Lebih baik lakukan kebiasaan makan sehat, seperti makan buah-buahan dan sayuran, untuk menjaga pencernaan berjalan lancar dan menyehatkan masalah kulit terkait.

Namun perlu diingat, memiliki dua jerawat atau di salah satu wilayah ini tidak secara otomatis berarti Anda memiliki masalah kesehatan yang serius. Namun jika Anda memiliki jerawat kronis yang tidak dapat dihilangkan seberapa keras Anda mencoba, mungkin hal ini layak dibicarakan pada dokter kulit untuk melihat adakah keterkaitan dengan masalah internal Anda.