Sukses

Brasil Siapkan RS Khusus Atlet Olimpiade yang Cedera

Pada Olimpiade Rio 2016 ini Brasil pun mempersiapkan rumah sakit khusus bagi atlet yang cedera.

Liputan6.com, Rio de Jeneiro- Salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat berolahraga adalah cedera. Terlebih ketika para atlet berpartisipasi dalam sebuah ajang olahraga seperti Olimpiade. Pada Olimpiade Rio 2016 ini Brasil pun mempersiapkan rumah sakit khusus bagi atlet yang cedera.

Pemerintah Brasil menyiapkan Hospital Samaritano dan Hospital Vitoria selama olahraga terbesar di dunia ini digelar. Para petugas medis mulai dari perawat dokter umum hingga dokter anestesi, dokter bedah, dokter bedah spesialis tulang, dokter spesialis saraf, dokter spesialis jantung siap sedia 24 jam menangani keadaan darurat para atlet yang cedera.

Rumah sakit yang dibangun pada 2014 ini dilengkapi dengan teknologi kedokteran canggih. Mulai dari MRI, X-ray terbaru dan teknologi scan PET. Sehingga penegakan diagnosis bisa dilakukan dengan cepat seperti dikutip laman Time, Selasa (9/8/2016).

Salah satu atlet Olimpiade Rio 2016 yang sudah menggunakan rumah sakit ini adalah Samit Ait Said. Pesenam asal Prancis ini dilarikan ke IGD setelah kakinya mengalami cedera serius akibat salah mendarat.

Selain untuk mengatasi cedera, kelengkapan fasilitas tes diagnostik ini juga dimaksudkan ketika menghadapi kasus Zika dan penyakit menular lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.