Sukses

6 Tanda Anda Harus Makan Lebih Banyak Protein

Liputan6.com, Jakarta Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membangun kembali sel-sel yang rusak. Namun jika Anda kurang mengonsumsi protein, dimulai dari usia 50 tahun, Anda akan semakin kehilangan otot.

Penelitian menunjukkan, bahwa kebutuhan protein meningkat seiring usia dan dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

“Protein tidak hanya penting untuk membangun otot, tetapi juga untuk mempertahankan otot,” kata ahli diet dan ahli gizi, Isabel Maples.

Jika Anda merasakan tanda-tanda di bawah ini, lebih baik segera ambil dan konsumsi makanan yang mengandung banyak protein, seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, Senin (8/8/2016):

1. Lebih sering sakit

“Protein dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, mengatur hormon, dan mempertahankan sel-sel darah putih yang memerangi penyakit dan infeksi,” ujarnya.

Jadi, jika Anda lebih sering sakit dibandingkan dengan teman-teman Anda, segera konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi ini.

2. Bengkak di kaki atau pergelangan kaki

Protein membantu mengatur jumlah cairan dalam jaringan tubuh serta mengatur kontraksi otot, sehingga hal inilah yang memberikan cairan ke kaki dan pergelangan kaki Anda. Pembengkakan sementara karena retensi cairan, juga dapat menjadi masalah medis lainnya. Jika Anda melihat pembengkakan yang tidak biasa, lebih baik segera temui dokter Anda.

3. Lelah dan lesu

“Kondisi lelah bisa menandakan kekurangan protein dan juga masalah zat besi,” ujar pendiri ElderConsult Geriatric Medicine, Elizabeth Landsverk, MD. Tubuh membutuhkan protein dan zat besi untuk memproduksi hemoglobin yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga kurangnya oksigen dalam sel-sel, akan membuat Anda kelelahan.

4. Kulit tidak terlihat sehat

Seringkali, ketika seseorang tidak mendapatkan cukup protein, luka di tubuhnya tidak sembuh dengan cepat, serta kulitnya terlihat pucat dan kering,” kata Maples.

Protein diperlukan untuk memperbaiki jaringan, sehingga kekurangan protein dalam asupan sehari-hari, dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti di atas.

5. Kehilangan berat badan

“Kita seringkali berpikir bahwa berat badan yang turun merupakan sesuatu yang baik, namun terkadang hal tersebut juga bisa menjadi tanda hilangnya otot,” ujar Landsverk. “Orang dewasa seringkali tidak makan banyak protein dan hal ini dapat berbahaya bagi tubuhnya, karena bisa mengakibatkan kerapuhan dan masalah keseimbangan,” jelasnya.

Untuk menambah asupan protein, Anda bisa mengonsumsi daging. Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi daging merah karena makanan ini tinggi lemak jenuh. Selain daging, Anda juga bisa mengonsumsi ikan, telur, kacang-kacangan, tofu, dan keju.