Sukses

5 Trik Cegah Buah Berubah Kecokelatan

Liputan6.com, Jakarta Buah yang menjadi salah satu makanan penuh gizi ini akan lebih menarik untuk dikonsumsi jika berpenampilan segar. Namun ketika buah dikupas dan didiamkan beberapa saat maka warna buah akan berubah kecokelatan.

Hal ini terjadi karena proses browning enzymatic yang membuat enzim-enzim seperti Monophenol Monoxygenase atau tyrosinase, polifenol oksidase atau fenolase, dan laccase bereaksi karena kontak dengan udara.

Tak perlu buru-buru membuang buah karena seperti dikutip India Times, Senin (11/7/2016) ada beberapa trik untuk mempertahankan kesegaran buah dengan beberapa cara berikut ini:

- Potong buah dengan air

Saat memotong buah hendaklah langsung memasukannya ke dalam air bersih dengan suhu kamar. Proses ini akan membantu buah mempertahankan oksidasinya.

Kecuali jenis buah lemon, nanas, dan jeruk yang memiliki penurunan reaksi enzimatik lamban yang mempengaruhi proses oksidasi.

- Rendam buah dalam air jahe

Soda dengan asam sitrat akan bekerja untuk menyelamatkan buah dari warna kecokelatan. Rendamlah buah yang sudah dipotong dalam air jahe sebelum disantap.

- Rendam di air garam

Isi sejumlah air dalam wadah yang dicampur dengan setengah sendok makan air garam untuk jenis buah seperti apel dan pir selama dua menit untuk menghindari berwarna kecokelatan.

- Taburi bubuk asam askorbat

Asam askorbat ialah vitamin C bubuk yang bisa Anda dapatkan di setiap toko makanan. Bubuk tersebut akan mudah larut dalam air dan buah yang direndam di dalamnya akan terselamatkan dari kecokelatan.

- Air madu

Madu yang dicampur air menjadi metode tepat untuk menyelamatkan buah dari tampilan kecokelatan. Anda hanya membutuhkan 30 detik untuk membilas buah-buah tersebut agar tetap segar dan nikmat. Setidaknya kesegaran buah Anda akan bertahan selama delapan jam.