Sukses

Hypnoparenting Bikin Ortu Makin Efektif Mengasuh Anak

Liputan6.com, Jakarta Hypnoparenting adalah teknik hypnotherapy (terapi dengan hipnosis) yang secara khusus diterapkan oleh orangtua dalam mengasuh anak.

Secara garis besar, teknik ini bermanfaat meningkatkan kualitas komunikasi dan kecerdasan spiritual orangtua dan anak. Bekerja langsung pada alam bawah sadar anak, membuat orang tua dapat menerapkan pola asuh tanpa paksaan. 

“Hypnoparenting adalah sebuah keilmuan yang belajar bagaimana memasukkan sebuah ide sugesti, atau progam ke dalam pikiran alam bawah sadar seseorang, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain,” kata pakar stres management dan hypnoparenting, Kirdi Putra pada acara talkshow Daycare: Happy Family, Happy Employee di Garah Unilever, Jakarta, ditulis Jumat (1/7/2016).

Prinsip utama hypnoparenting adalah mengucapkan kata-kata sugestif berulang-ulang kepada anak saat otaknya sedang berada dalam gelombang Alpha (8 - 12 Hz). Gelombang Alpha ialah ketika kondisi anak dalam keadaan relaks atau istirahat, seperti mengantuk dan mata mulai tertutup.

Pada kondisi ini, orangtua dapat membisikkan kalimat-kalimat yang mengarahkan perilaku positif pada telinga anak. Kalimat-kalimat tersebut akan masuk dan direkam alam bawah sadar ketika disampaikan pada anak dalam fase tersebut.

Kirdi menambahkan, hypnotherapy merupakan sebuah metodologi ilmiah, yang dasarnya adalah komunikasi dan psikologi. Uniknya, selain orang tua harus mengerti bagaimana memasukkan nilai-nilai kepada anaknya, para orangtua juga ikut berpartisipasi dalam prosesnya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.