Sukses

6 Cara Pria Merasakan Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta Suami mempunyai peranan besar dalam proses pembuatan bayi, tapi ia punya peran kecil untuk merasakan kehamilan istrinya. Namun, Anda dapat memberikan perhatian yang sama dengan istri terhadap buah cinta kalian.

"Saya suka ketika ayah bertanya bagaimana mereka bisa terlibat banyak atas kehamilan istri. Ini menunjukkan bahwa mereka dibutuhkan dalam keluarga," terang Joyce Gottesfeld M.D, ob-gyn di Kaiser Permanente Colorado, Denver, dilansir Parents, Senin (20/6/2016).

Untungnya, banyak cara agar para pria bisa terlibat dan membentuk ikatan batin yang kuat dengan bayi dalam kandungan. Ahli mengungkapkan bagaimana seorang ayah bisa memberikan perhatian lebih.

1. Mulai ritual

Laura Owens mengharapkan suaminya, Casey, segera men-download aplikasi tentang kehamilan sehingga mereka bisa melacak kemajuan bayi mereka bersama-sama. "Saya merasa seperti itu membuat bayi saya sudah bertemu secara nyata dengan Casey, dan kami bersenang-senang, dan berbicara."

Selain itu, Anda juga bisa mendiskusikan apa yang sudah Anda pelajari dari buku. Anda juga bisa menyusun daftar pertanyaan setiap kali janji dengan dokter.

2. Berbagi perayaan

Tidak ada aturan yang mengatakan laki-laki tidak dapat berpartisipasi dalam acara baby shower, dan senang melakukannya.

3. Ikut latihan

Stepahnie Waters Glickman, dan suaminya, Phil, menghadiri beberapa kelas prenatal bersama-sama, termasuk melahirkan dan CPR bayi. "Melihat bayi Anda di USG, dan mendengar detak jantung adalah pengalaman ikatan yang kuat," kata dokter anak dan ayah David L. Hill M.D.

4. Berbagi dan menaklukkan

Sambil menyelesaikan registrasi, seorang ibu yang tengah hamil merasa begitu banyak mengambil keputusan. Baiknya hal itu dibagi dengan sang suami. Namun, tidak semua orang senang melakukannya.

Jika suami Anda termasuk tak suka, berilah ia tugas untuk merakit boks, dan furnitur bayi lainnya.

5. Bicara dengan bayi

Janin dalam perut dapat mendengar suara di luar termasuk suara sang ayah. Tidak terlalu dini untuk mulai bicara, membaca, atau menyanyi dengan calon anak.

"Nada dalam seorang pria akan menembus ke dalam rahim, dan ada alasan untuk percaya bahwa bayi mengingat irama suara kedua orangtuanya setelah lahir," ujar Dr. Hill.

6. Jalani hubungan khusus pada pasangan

Anda mungkin tak punya banyak waktu dan energi, tetapi hidup tentu tidak akan sama jika si Kecil sudah lahir. Untuk itu, rencanakanlah waktu bersama dalam kegiatan yang romantis meski isti sedang hamil.

Ini tidak harus menjadi babymoon eksotis, mungkin Anda dapat pergi ke bioskop atau makan berdua. Selain bersantai, Anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk saling membicarakan kehidupan setelah si bayi lahir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.