Sukses

Begini Aturan Makan yang Tepat Selama Ramadan

Memperhatikan menu sahur dan berbuka menjadi poin terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Waktu makan otomatis berubah ketika berpuasa. Hal ini mempengaruhi seluruh organ pada tubuh manusia. 

Seperti dilansir laman Gulf News, ditulis Kamis (9/6/2016) saat puasa, umat muslim disarankan untuk sahur. Namun tak semua orang mampu menerima makanan berat di pagi hari.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengganti makanan berat dengan segelas susu atau kacang-kacangan saat sahur.

Mengganti seluruh makanan dengan roti dan telur atau gandum dengan ayam cukup menjadi menu sahur yang ideal. Penting juga untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang bermanfaat untuk tubuh. Siapkan juga dua hingga tiga gelas air sebelum azan magrib berkumandang.

Saat magrib tiba, tubuh memerlukan gula yang cukup untuk mengisi energi yang menghilang selama puasa. Untuk mendapatkan takaran gula yang pas, Anda dapat mengonsumsi karbohidrat dan protein.

Namun, hindari makanan yang digoreng saat berbuka puasa untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Selebihnya, Anda disarankan melakukan aktivitas fisik yang ringan agar tubuh tetap fit selama puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.