Sukses

4 Fakta Bra dan Payudara dari Ahlinya

Liputan6.com, Jakarta Bra adalah jenis pakaian dalam yang tricky. Jika tidak dikenakan dengan benar, bukannya menyangga payudara, bra malah akan membuat pemakainya tidak nyaman.

Melansir laman Huffington Post, Minggu (22/5/2016) inilah lima fakta tentang bra yang didapatkan dari ahlinya, yaitu: Ra'el Cohen, vice president dari ThirdLove; Heidi Zak, co-founder dari ThirdLove; Bernadette, penguji bra dari toko Town Shop di New York; dan Jenny Altman, ahli pakaian dan brand consultant di I Love A Good.

Berikut empat fakta tentang bra dan payudara dari mereka:

1. Pakai di kaitan terluar

Menurut para ahli, bra yang pas buat Anda adalah bra yang memungkinkan Anda untuk mengenakannya pada kaitan terluar. Menggunakannya di kaitan tengah atau dalam akan membuat bra Anda jadi lebih cepat melar.

"Cara untuk memperpanjang usia bra adalah dengan mengenakannya pada kaitan terluar. Saat elastisitasnya berkurang, biasanya setelah pemakaian selama 6 bulan sampai 1 tahun, Anda bisa mengencangkannya dengan memasangnya pada kaitan lebih dalam," ujar Zak.

Zak juga mengatakan bahwa kebanyakan wanita memilih bra dengan tali yang lebar, karena berpikir hal tersebut akan membuat bra lebih pas. Padahal menurutnya, bra akan jadi lebih melar seiring waktu.

2. Ada beberapa gerakan yang membuat bra jadi lebih nyaman dipakai

Pada titik ini, proses pemakaian bra biasanya sudah jadi suatu hal yang Anda lakukan di luar kepala. Padahal sebenarnya, ada beberapa gerakan dan cara pemakaian yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kenyamanan bra Anda.

Altman memaparkan metodenya yang dinamakan "The Scoop". "Pada dasarnya cara ini membawa semua bagian dada Anda--mulai dari yang di punggung dan bawah ketiak, kembali ke tempat mereka seharusnya berada, yaitu di dalam mangkuk bra," jelasnnya.

Setelah Anda mengaitkan bra, masukkan tangan ke dalam mangkuk bra untuk mengangkat payudara, dan memastikannya berada dengan nyaman di dalam bra. Hal ini memastikan kawat berada di antara torso dan dada Anda.

2 dari 2 halaman

Ukuran payudara selalu beruba

3. Ukuran payudara selalu berubah seiring waktu

"Kami lebih suka menyebut kedua payudara itu bersaudara, tapi tidak kembar," ujar COhen. "Sangat sedikit wanita yang memiliki payudara simetris dan persis sama," jelasnya.

Kebanyakan wanita memiliki besar payudara yang berbeda satu sama lain. Bedanya bisa sangat sedikit sampai satu ukuran lebih besar.

Harus diingat juga bahwa ukuran payudara akan berubah sepanjang bulan--bergantung pada siklus menstruasi, berat badan, dan perubahan gaya hidup. Hal inilah yang kemudian menentukan apakah bra Anda sudah pas atau belum .

Para ahli tadi kemudian mengingatkan, penting untuk selalu mencoba bra setiap akan membelinya, dan tak hanya bergantung pada ukuran bra yang sudah Anda miliki saja.

4. Bra bisa dijahit

Rata-rata umur bra adalah satu tahun, tergantung cara pemakaian dan perawatannya. Tapi ada strategi yang bisa membuat umur bra Anda jadi lebih panjang. Altman juga mengingatkan, beberapa toko pakaian dalam menyediakan layanan untuk melakukan penyesuaian pada bra Anda agar benar-benar pas melekat di tubuh.

Anda juga bisa membawa bra ke tukang jahit jika talinya terlalu longgar atau sudah melar. Tapi Altman mengingatkan bahwa hal ini sebaiknya digunakan untuk bra harian yang berbentuk standar, bukannya bra cantik yang dipenuhi dengan renda.