Sukses

Gemar Makan Buah dari Remaja Turunkan Risiko Kanker Payudara

Liputan6.com, New York- Mengonsumsi makanan yang sehat seperti memperbanyak buah dan sayur serta menghindari daging olahan merupakan salah satu cara mencegah kanker. Studi pun membuktikan, remaja bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Hal ini diketahui setelah peneliti dari Harvard T. H. Chan School of Public Health melakukan studi mengenai diet yang dilakukan pada saat remaja dan dampaknya terhadap risiko terkena kanker di kemudian hari.

Sekitar 90.000 wanita yang bekerja sebagai perawat ini diberi pertanyaan mulai dari pola makan serta riwayat kanker. Ternyata, mereka yang mengonsumsi tiga sajian buah setiap hari, risiko terkena kanker payudara turun hingga 25 persen,

Ya memang, buah-buahan tertentu memang memiliki kemampuan dalam mencegah kanker seperti melansir Time, Kamis (12/5/2016). Terutama apel, pisang, dan anggur. Sementara pada orang dewasa yang berkontri besar menurunkan risio kanker payudara sayur kale dan jeruk.

Apel, pisang, dan anggur mengandung serat yang bisa menurunkan risiko kanker, selain itu tinggi flavonoid sehingga mampu bekerja sebagai antioksidan dengan tugas memerangi kerusakan sel yang bisa memicu pertumbuhan sel tidak normal. Sementara kale dan jeruk kaya Vitamin C, bentuk antioksidan lainnya

"Studi ini menggarisbawahi pentingnya makanan yang dikonsumsi saat remaja terhadap kesehatan di masa depannya," tutur peneliti Maryam Farvid.

Farvid pun mengingatkan aga bagi sekolah-sekolah untuk menyediakan aneka buah dan sayur sebagai bagian dari program sekolah.