Sukses

Tips Memilih Buah yang Benar-benar Masak

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan cukup mengonsumsi buah. Tapi memilih buah yang benar-benar matang agar lezat disantap terkadang tak mudah.

Tak perlu khawatir, berikut tips memilih buah sehingga Anda tak perlu terkecoh lagi saat berada di swalayan, dikutip dari laman Purewow, Jumat (15/4/2016).

Pisang

Buah pisang yang matang bisa ditandai dengan munculnya bintik cokelat di kulitnya. Umumnya swalayan "memajang" pisang yang belum terlalu matang dengan alasan lebih indah dipandang. Anda tetap bisa membeli pisang itu dengan catatan perlu bersabar beberapa hari sebelum pisang benar-benar masak dan bisa dikonsumsi.

Pir

Mirip seperti pisang, buah pir yang masak pun ditandai dengan bintik kecokelatan di kulitnya. Selain itu teksturnya pun menjadi sedikit lembek dan menguarkan aroma manis.

Avokad

Memilih avokad yang matang memang susah-susah gampang. Yang perlu Anda cermati adalah bagian bawah buah dekat bekas tangkai. Pilih avokad yang bagian bawah itu berwarna hijau cerah, bukan kecokelatan. Avokad yang bagian bawahnya kecokelatan menandakan kondisinya sudah terlalu matang.

Tomat

Tomat matang ditandai dengan kulitnya yang cenderung lembek namun tidak benyek.

Strawberry

Bila buah strawberry yang hendak Anda beli telah menguarkan aroma manis seperti seharusnya serta seluruhnya berwarna merah, tandanya buah tersebut telah benar-benar matang.

Peach

Sama seperti strawbbery, peach yang matang juga ditandai dengan aromanya yang semakin kuat. Selain itu kulitnya akan jadi lebih lembut namun tak terlalu lembek.

Cherry

Cherry yang tampak gelap dan ranum dengan tangkai tetap utuh menandakan buah itu telah matang dan siap dikonsumsi. NanasBeraroma manis, terasa berat, dan masih memiliki helai-helain daun hijau di bagian ujungnya adalah pertanda nanas telah matang.

Melon

Angkat buah berbentuk bulat dengan kulit berkerut-kerut ini. Jika terasa berat dan aroma yang dihasilkannya manis, tandanya buah ini telah matang.

Semangka

Ketuklah buah semangka sebelum membelinya. Jika bunyi yang dihasilkan terdengar seperti kosong di bagian tengah dan buah terasa berat serta menguarkan sedikit aroma manis, pertanda buah ini dalam kondisi matang dan siap dikonsumsi.

Loading