Sukses

Jaga Kebersihan Mulut untuk Cegah Batu Amandel

Bila melihat ada bercak putih kekuningan yang tampak seperti batu di amandel, itu disebut tonsil stone.

Liputan6.com, Jakarta Bila melihat ada bercak putih kekuningan yang tampak seperti batu di amandel, itu disebut tonsil stone. Dalam istilah lain disebut tonsilolith dan para dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) biasa menyebutnya detritus.

"Tonsil stone ini merupakan kumpulan dari sel lekosit (bakteri), sel mati, epitel, dan sisa makanan yang kemudian berkumpul menjadi banyak dan mengeras sehingga terlihat seperti batu berwarna putih kekuningan," tutur dokter Hably Warganegara, SpTHT-KL dari RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Jakarta. 

 

Kondisi ini paling sering dialami oleh mereka yang mengalami infeksi amandel berulang. Hal tersebut terjadi karena ketika infeksi, tonsil akan melebar sehingga bakteri, sel mati, epitel, dan sisa makanan akan mudah terperangkap di kripta (celah lekukan pada tonsil).

Agar terhindar dari tonsil stone, dokter Hably menyarankan untuk menjaga kebersihan mulut dengan secara rutin menggosok gigi. Penting juga untuk menghindari infeksi amandel.

"Lalu pada pasien yang sering infeksi amandel, disarankan operasi pengangkatan tonsil (tonsilektomi)," imbuh dokter Hably dalam surat elektroniknya ditulis Kamis (17/12/2015). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.