Sukses

Waspadai Dampak Jangka Panjang Bullying pada Anak

Liputan6.com, New York- Bagi Anda para orangtua, coba perhatikan kehidupan sosial sang buah hati. Jika anak termasuk yang sering mendapatkan bully (rundung) dari teman-teman sekitar, segera beri perawatan yang tepat untuknya.

Studi ini juga menyimpulkan, anak-anak usia delapan tahun yang sering dirundung oleh teman-temannya cenderung mengalami gangguan psikologis. Hal ini butuh perawatan layaknya orang dewasa seperti dikutip laman Live Science, Kamis (10/12/2015).

Tak cuma itu, penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal JAMA Psychiatry juga temukan fakta anak yang sering dirundung memiliki risiko depresi di usia muda.

Lebih lanjut, anak usia dini yang sudah menjadi korban intimidasi memerlukan pengobatan kejiwaan di kemudian hari seperti diungkap penulis studi yang juga profesor psikiatri anak, dari University of Turku, di Finlandia, Andre Sourander.

Begitu besar dampak yang ditimbulkan akibat anak sering dirundung, oleh karena itu bila anak menjadi target bully penting bagi guru, orangtua, dan teman-teman lainnya lakukan intervensi untuk menyudahi hal tersebut. Hal ini bisa mencegah masalah kesehatan mental jangka panjang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS