Sukses

4 Alasan untuk Segera Ubah Perut Buncit Jadi Rata

Liputan6.com, Jakarta Banyak asupan makanan yang dikonsumsi namun kurang aktivitas fisik membuat wanita dan pria kini memiliki perut buncit. Tak cuma membuat tampilan Anda jadi kurang menarik, perut buncit juga bisa timbulkan aneka masalah kesehatan.

Timbunan lemak di area perut ini disebut dengan visceral fat ini bertanggungjawab terhadap beberapa problema kesehatan. Mulai dari penyebab mengorok hingga diabetes.

Berikut empat hal yang bisa menjadi pelecut Anda ubah perut buncit jadi rata seperti dikutip laman Men's Health, Rabu (12/2/2015).

1. Tidur mengorok

Banyak orang tidak menyadari penyebab mengorok di tengah malam karena kelebihan berat badan. Kehadiran lemak di perut, ternyata berpengaruh terhadap kemampuan oksigen mencapai paru-paru dan aliran darah. Hal ini diperkuat dalam Journal of Internal Medicine yang mengungkapkan korelasi antara mengorok dan visceral fat.

2. Mudah jatuh sakit

Kehadiran visceral fat akan mempengaruhi kemampuan sitokin, yakni senyawa kimiawi yang menginformasikan ke imun tubuh bahwa ada sesuatu yang salah. Ketika visceral fat dalam level tinggi, hal ini akan memengaruhi tubuh untuk mengetahui jika terjadi hal yang salah dalam tubuh seperti diungkapkan ahli nutrisi, Rhiannon Lambert. Sehingga lemak perut ini sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh yang membuat Anda jadi mudah sakit.

2 dari 2 halaman

Kurus tapi Buncit juga Bahaya

3. Picu diabetes

Banyak yang sudah tahu hubungan antara diabetes dan obesitas, namun perlu diketahui bahwa lemak visceral merupakan peringatan khusus.

"Jenis lemak yang disimpan di sekitar bagian tengah tubuh terkait dengan keseimbangan insulin," terang Lambert.

4. Kurus tapi perut buncit juga berbahaya

Ada juga orang yang kurus namun perutnya buncit karena kehadiran lemak perut. Akibat yang ditimbulkan bisa sama dengan orang bertubuh gemuk dengan perut buncit, diantaranya daya tahan tubuh jadi berkurang.