Sukses

9 Selebriti Ini Didiagnosis HIV/AIDS

Liputan6.com, Jakarta Hari AIDS Sedunia jatuh pada setiap 1 Desember, sebagai tanda untuk mengingatkan seluruh umat manusia di dunia terhadap penyebaran virus HIV yang berujung pada penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Sampai sekarang belum ditemukan obat paten yang dapat mematikan virus yang menyerang sistem imun tubuh ini. Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) berasal berbagai macam kalangan dan profesi.

Berikut deretan nama figur publik yang tercatat sebagai ODHA yang dihimpun Health-Liputan6.com:

1. Carlos Irwin Estevez atau Charlie Seen

Artis Hollywood yang pernah membintangi film Due Date dan sejumlah film action, komedi dan lainnya, telah mengakui secara langsung dalam acara Today Show bersama Matt Lauer. Charlie mengaku bahwa ia mengidap virus HIV dalam tubuhnya selama bertahun-tahun lamanya. Ia berhasil menyembunyikan penyakit yang ia derita dengan membayar orang-orang yang mengetahui bahwa ia positif HIV.

2. Freddie Mercury

Satu-satunya vokalis legendaris asal Britania Raya, didiagnosis dengan HIV pada April 1987 silam. Freddie Mercury pun merahasiakan penyakit yang ia derita selama lebih dari empat tahun lamanya. Ia meninggal divonis dengan Peunomia Bronkial yang disebabkan penggunaan obat-obatan terlarang secara berlebihan dan akibat penyakit AIDS dalam tubuhnya. Freddie Mercury wafat pada usia 45 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Rock Hudson

3. Rock Hudson

Pada 5 Juni 1984 aktor legendaris asal Amerika Serikat ini didiagnosis positif HIV. Virus HIV yang tinggal di dalam tubuh Hudson diduga berasal dari transfusi darah yang ia terima saat menjalankan operasi jatung. Dilansir dari salah satu situs biography.com, actor yang membintangi film Love Come Back (1961) dan Send Me No Flowers (1964) ini adalah selebriti besar pertama yang meninggal karena AIDS. Hudson dimakamkan di Beverly Hills – California, pada tanggal 2 Oktober 1985.

4. Howard Ashman

Siapa yang tidak tahu lagu The Beauty and The Beast yang dipopulerkan oleh Celine Dion? Lagu itu adalah ciptaan Howard Ashman, penulis lirik dan sutradara andal sejak tahun 1979. Dia divonis komplikasi virus HIV sekitar tahun 1980, namun menyembunyikan hal tersebut dikarenakan takut kehilangan pekerjaan dengan kondisinya saat itu. Sang legendaris penulis lagu The Beauty and The Beast ini meninggal dunia pada 14 Maret 1991.

5. Liberace

Pianis sekaligus entertainer dengan bayaran tertinggi di dunia di tahun 1950-an ini wafat pada 4 Februari 1987 dengan diagnosis postif HIV. Liberace tidak pernah memberikan pernyataan secara resmi perihal penyakit yang diidapnya, namun hasil otopsi setelah kematiannya pihak medis menegaskan bahwa ia memang positif mengidap HIV.

3 dari 3 halaman

Gia

6. Gia Marie Carangi

Profesi model yang terkenal dengan kehidupan glamor membawa model ternama asal Philadelphia, Amerika Serikat ini terjebak pada obat-obatan terlarang hingga penggunaan jarum suntik yang secara bersamaan. Akhirnya pada usia 26 tahun, model cantik ini meninggal dunia akibat komplikasi dan positif tertular AIDS. 

7. Eazy-E

Seorang rapper Amerika yang bergabung dalam grup N.W.A, yaitu Eazy-E yang sukses menjual 3 juta kopi album perdana untuk salah satu genre gangsta rap ini meninggal pada tahun 1994. Sejak remaja, rapper yang memiliki nama panjang Eric Lynn Wright ini memang sudah terlibat penjualan dan pengedaran narkoba. Eric meninggal dengan 31 kerusakan organ tubuh akibat AIDS yang dideritanya.

8. Anthony Perkins

Aktor dan penyanyi yang aktif sejak 1953 hingga 1992 ini mengidap komplikasi AIDS. Beberapa sumber memang tidak menjelaskan secara rinci apa yang menyebabkan komplikasi sehingga ia wafat dengan positif AIDS. Anthony Perkins meninggal di Los Angeles pada 12 September 1992 lalu.

9. Keith Haring

Sang pelukis yang memperkenalkan seni lukis di jalan bawah tanah New York ini sukses membawakan graffiti bertemakan sosial, politik serta kesadaran AIDS dan wabah kokain. Namun kematiannya justru diakibatkan oleh AIDS yang dideritanya selama bertahun-tahun. Haring meninggal dunia pada tahun 1990 dan dikebumikan di New York. (Bella)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS