Sukses

Ajarkan 3 Hal ini Jika Ingin si Kecil Jadi Anak Bertanggung Jawab

Ingin anak jadi sosok yang bertanggung jawab, ini hal yang dapat Anda ajarkan.

Liputan6.com, Jakarta Membesarkan si Kecil menjadi anak yang murah hati, santun, sopan, dan ramah adalah impian setiap orangtua, mengingat tak sedikit anak yang berubah jadi sosok pemberontak.

Anda dapat mengajarkan hal seperti itu sedari mereka bayi. Tindakan yang mereka terima di rumah akan tertanam di benak mereka, dan menjadi sebuah kebiasaan baik yang akan terus mereka lakukan. Berikut tips yang dapat Anda lakukan supaya si Kecil tumbuh menjadi anak yang sopan, santun, ramah, sesuai yang Anda harapkan, seperti dikutip dari situs Times of India, Rabu (11/11/2015)

Ucapkan kata-kata yang baik

Selektif memilih kata-kata jika tak ingin menghancurkan hati seseorang. Membimbing anak-anak untuk berpikir tentang kata-kata yang akan diucapkan kepada teman-teman mereka atau anggota keluarga adalah hal penting. Semuanya dimulai dari orang tua. Berbicaralah dengan dengan kata-kata yang baik, agar anak lancar berinteraksi dengan orang lain di kemudian hari.

Ketika anak bandel dan ngedumel, hentikan menggunakan kata-kata lembut. Dia akhirnya akan belajar bagaimana berbicara dengan orang lain ketika sedang marah.

Bacakan buku perjuangan

Membacakan buku-buku mengenai sosok pejuang membantu mereka menjadi sosok yang Anda harapkan. Kelak kisah perjuangan itu dapat mereka tiru.

Pelihara binatang

Mengajarkan anak bersikap baik terhadap hewan juga membantu mereka menjadi anak yang baik. Dengan mengurus binatang peliharaan, anak Anda diberi tanggung jawab merawat hewan peliharaan tersebut. Dia belajar tentang ilmu yang tidak didapat di sekolah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini