Sukses

Makanan Apa Saja yang Baik bagi Jantung?

Ubah gaya hidup jadi lebih sehat demi menyehatkan fungsi dan kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung timbul akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang tepat, meski faktor keturunan jadi salah satu risiko. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari berkontribusi meningkatkan penyakit jantung.

Oleh karena itu, demi mencegah penyakit jantung datang, pemilihan makanan sehat jantung sehat harus jadi prioritas.

"Konsumsi makanan sehat jantung harus dijadikan gaya hidup bagi seluruh masyarakat modern di tengah banyaknya makanan cepat saji atau junkfood, yang kaya kolesterol jahat," seperti diungkapkan Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Anwar Santoso, SpJP(K) yang diterima Health-Liputan6.com, Selasa (29/9/2015).

Selain dengan makanan, merawat fungsi dan kesehatan jantung harus dikombinasikan dengan olahraga secara aktif. Jangan lupa juga untuk terus sarapan pagi dan makan malam, istirahat cukup, dan berhenti merokok demi menjaga kesehatan jantung. 

Berikut beberapa makanan yang baik untuk jantung:

1. Makanan yang mengandung asam folat seperti sari jeruk, brokoli, kacang merah, dan bayam.

2. Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin E seperti pisang, daging ayam tanpa lemak, alpukat, beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan minyak sayur.

3. Makanan yang banyak mengandung beta karoten, lycopene dan kaya serat karena mampu mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner, seperti wortel, tomat, dan sayuran hijau.

4. Makanan yang banyak mengandung flavonoid yang dapat diperoleh dari buah anggur, apel, bawang dan teh.

5. Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti ikan tuna, sarden, makarel. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini