Sukses

4 Bahan Alami Penurun Gula Darah

Di samping minum obat-obatan, sejumlah herbal dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi diabetesi, untuk menghindari gangguan produktivitas, diperlukan kontrol gula darah yang baik. Disamping minum obat-obatan, sejumlah herbal dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah.

Seperti disampaikan herbalis daun hijau mediabetea, Antony Kiro, salah satu tanaman yang dikenal masyarakat seperti brotowali telah digunakan di beberapa negara untuk membantu menurunkan gula darah. Tanaman ini telah diteliti, dapat membantu peningkatan konsentrasi ion kalsium di sel beta pankreas dan menyebabkan pankreas menyekresi insulin.

"Brotowali memiliki efek sekretagogue atau merangsang sekresi insulin di pankreas. Tanaman ini juga terbukti meningkatkan pengangkutan glukosa ke dalam otot, menghambat berkembangnya resistensi insulin dan meningkatnya sensitivitas insulin," katanya di sela-sela temu media di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Berikut ini ada sejumlah herbal yang dapat membantu penurunan gula darah, seperti:

1. Brotowali

Selain membantu menurunkan gula darah, tumbuhan ini dipercaya dapat digunakan sebagai pencuci luka karena bersifat antiseptik, penambah nafsu makan hingga obat malaria.

2. Traxacuma Officinale (Jombang)

Menurut Antony, Jombang dapat memperkuat lever (hati) serta kerap menjadi antibiotik alami.

3. Guazuma Ulmifolia Lamk (Jati Belanda)

Pada orang yang mengalami obesitas, levernya terbungkus dengan lemak. Tanaman ini dapat mengurangi lemak tubuh serta menekan bakteri yang masuk ke tubuh.

4. Gojiberry

Gojiberry dipercaya dapat memperbaiki fungsi lever dan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.