Sukses

Ibu Ini Dokumentasikan Perkembangan Janin dengan Buah

Membandingkan buah dan sayur dengan ukuran dan berat janin bantu wanita ini membayangkan si janin dalam kandungan.

Liputan6.com, London - Kehamilan di zaman modern seperti ini tak luput dari pendokumentasian perkembangan kehamilan dari bulan ke bulan. Hal yang serupa pun dilakukan oleh seorang desainer interior bernama Nicole Mendez. Tapi, ia punya cara unik dalam memotret perkembangan kehamilan anak keduanya.

Pada kehamilan kedua, Mendez banyak menghabiskan waktu di bagian produksi sebuah supermarket. Terlalu sering melihat buah, membuatnya berpikir untuk membandingkan ukuran dan berat buah mana yang mirip dengan usia kandungannya saat itu.

"Saat saya membaca website BabyCenter, diberitahu berapa ukuran bayi saya. Kemudian saya pun berpikir untuk membandingkan buah atau sayuran mana yang besarnya sama dengan janin saya minggu tersebut," terang Mendez kepada BabyCenter dikutip pada Jumat (10/7/2015).

"Mengetahui ukuran berat dan sayur ini membantu saya memvisualisasikan seberapa besar kandungan saya di dalam perutu. Hal ini pun menjadi pengingat betapa mengagumkan kehidupan janin dari kecil kemudian tumbuh dan berkembang setiap minggunya," tutur Mendez lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Foto-foto

 

Berikut foto-foto Mendez yang membandingkan buah dan sayuran dengan ukuran dengan berat janinnya di saat itu.

 

 (Foto: Nicole Mendez)

Saat janin berusia 12 minggu, Mendez membandingkan janinnya sukuran jeruk nipis. Perut Mendez pun tak terlalu besar. Mencapai minggu ini berat janin kira-kira 8-14 gram. Mulai terjadi pembentukan tulang pada sebagain besar rangka janin. 

 

 

3 dari 7 halaman

Buah avokad

 

 

(Foto: Nicole Mendez)

Buah avokad digunakan Mendez unguk menggambarkan ukuran dan berat janin dalam perut Mendez. Sudah mulai terlihat perut perempuan ini membesar. Berat janin pada minggu ke-16 ini kira 80 gram. Janin mulai belajar menggrakkan tangan, kaki, dan badannya.

 

 

 

4 dari 7 halaman

Buah pisang

 

(Foto: Nicole Mendez)

Memasuki kehamilan minggu ke-20 Mendez menggunakan buah pisang sebagai perkiraan ukuran kehamilannya. Panjang janin sudah mencapai 14-16 cm dengan berat janin sekitar 260 gram.

 

 

 

5 dari 7 halaman

Kelapa

(Foto: Nicole Mendez)

Buah kelapa jadi bahan yang digunakan untuk membandingkan usia janin yang capai 31 minggu. Kira-kira berat janin mencapai 1.550-1.560 gram. Pertumbuhan janin mulai melamabat, sehingga energi lebih banyak dipakai untuk mengisi lemak pada tubuh janin.

 

 

 

6 dari 7 halaman

Semangka

(Foto: Nicole Mendez)

Seiring berjalannya waktu, ukuran janin sudah sebesar semangka ini. Kira-kira panjang bayi sekitar 50 cm dengan berat sekitar 3,00 hingga 3,4 kilogram.

 

 

 

7 dari 7 halaman

Hello baby

(Foto: Nicole Mendez)

Akhirnya sang bayi pun lahir. Tak ketinggalan Mendez pun mengabadikan anak buah cinta dengan pasangannya ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.