Sukses

Mengapa Usai Makan Asparagus Pipis Jadi Bau?

Lalu, adakah cara untuk mengatasinya?

Liputan6.com, London - Sayuran hijau yang satu ini kini dapat mudah ditemukan di supermarket serta beberapa pasar modern. Diolah menjadi sup, asaparagus akan sangat lezat dan sehat karena tinggi kalium, Vitamin A, dan serat. Tapi, usai makan asparagus biasanya bau air urine jadi aneh.

Belum ada kesimpulan pasti dari ilmuwan alasan di balik bau aneh pada urine usai konsumsi apsaragus. Namun sudah banyak penelitian yang mencoba mengobservasi penyebabnya. Para peneliti memperkirakan aroma ini tercipta karena adanya pemecahan aspargusic acid.

Senyawa utama yang dihasilkan usai mengonsumsi gas ini bernama methanethiol dan dimetil sulfida. Jumlahnya ribuan kali lebih besar daripada urine biasa. Seperti dilansir Daily Mail, Senin (29/6/2015) inilah yang sebabkan bau menyengat usai konsumsi asparagus.

Bagi kebanyakan orang, bau ini muncul setelah 15-30 menit setelah gigitan pertama sup asparagus lezat. Hal ini berlangsung selama beberapa jam seperti diungkapkan dokter spesialis urologi, The Ohio State University Wexner Medical Center, Ketul Shah seperti dikutip laman Women's Health.

Meski hal ini normal terjadi, bagi Anda yang tak suka bau yang tercipta, Shah menyarankan untuk lebih banyak minum air. Hal ini tidak akan membuat bau hilang namun mengurangi aroma yang tercipta.

 

 

Baca juga:

Cara Tepat Olah Brokoli dan Asparagus

5 Manfaat Dahsyat Asparagus, Salah Satunya Bikin Kulit Cerah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.