Sukses

Camilan Ini Bikin Anda Panjang Umur

Liputan6.com, New York- Tak perlu takut gemuk jika sering makan camilan yang satu ini. Selain keinginan untuk makanan ringan terpenuhi, seseorang yang senang mengemil kacang bisa panjang umur berdasarkan penelitian dari Belanda.

Dalam studi ini, orang yang rutin makan paling tidak 10 gram kacang, baik kacang tanah maupun kacang jenis lainnya cenderung hidup 10 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang jarang makan kacang. Bagi pecinta kacang, terjadi penurunan penyakit pernapasan, neurodegeneratif, diabetes kemudian diikuti penyakit kanker dan kardiovaskular.

Tapi jika makan lebih 15 gram atau setengah genggam kacang tidak memberikan dampak lebih baik seperti diungkapkan penulis dan profesor epidemiologi dari Masstrich University, Piet van den Brandt.

"Telah dilakukan pengamatan tentang konsumsi kacang yang dapat mengurangi risiko kematian secara signifikan," ungkap de Brandt seperti dikutip laman Live Science, Senin (15/6/2015).

Dalam penelitian ini kacang yang dikonsumsi di antaranya adalah kacang tanah, kacang kenari, kacang almond, kacang polong. Menurut peneliti, kacang banyak mengandung lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan kaya antioksidan.

Namun, selai kacang tidak termasuk sumber kacang sehat. Selai kacang mengandung garam, minyak, serta asam lemak trans.

Hasil penelitian ini makin memantapkan manfaat kacang yang bisa membuat seseorang panjang umur. Seperti hasil studi peneliti Amerika Serikat dan Asia yang mengungkapkan konsumsi kacang yang membuat tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular lebih rendah. (Baca: Konsumsi Kacang Bikin Anda Panjang Umur)

 

Baca juga:

Manfaat Hebat di Balik Lezatnya Kacang-kacangan

Jerawatan Bukan Karena Makan Kacang