Sukses

Jerawatan Bukan Karena Makan Kacang

Banyak yang mengatakan bahwa makan kacang bisa memicu jerawat, namun menurut ahli gizi tidak.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, banyak informasi yang beredar bahwa makan kacang membuat muncul jerawat. Namun, menurut  ahli gizi di Charlottetown PEI, Rachelle Wood kacang malah mengandung sumber mineral selenium dan zinc yang dibutuhkan untuk kulit terutama yang berjerawat.

Selain kacang, ada banyak makanan lain yang perlu dikonsumsi untuk mencegah maupun untuk tak memperburuk hadirnya jerawat di wajah.  Seperti dilansir laman Huffington Post, Selasa (17/9/2014) berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salmon


1. Salmon
Ikan merupakan sumber lemak yang baik dengan kandungan Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang memicu sel untuk menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat.

2. Avokad
Avakod --yang dikenal masyarakat dengan alpukat -- merupakan buah yang kaya Vitamin E yang meningkatkan vitalistas kulit. Selain itu, menurut Wood, avokad juga kaya Vitamin C yang mengurangi peradangan pada kulit dan secara alami melembapkan kulit.

3. Anggur merah
Saat memakan anggur merah, jangan lupa sertakan juga untuk mengonsumsi bijinya. "Daging dan biji anggur meraha mengandung bahan kimia alami yang kuat serta antioksidan yang terbukti untuk mengobati kulit bermasalah," terang Wood/

4. Nasi merah
Nasi merah berasal dari beras merah yang kaya Vitamin B, protein, magnesium, dan antioksidan. Kandungan Vitamin B inilah yang berperan untuk mencegah hadirnya jerawat saat Anda stres. Vitamin B akan membantu mengatur kadar hormon dan mencegah kemungkinan jerawat.

3 dari 3 halaman

Kecambah

5. Bawang putih
Setiap hari pasti orang Indonesia akan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih. Kandungan allicin dalam bawang putih akan membunuh bakteri dan virus berbahaya dalam tubuh.  

6. Brokoli
Brokoli merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Ada Vitamin A, B kompleks, C, E, dan . "Ada juga antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal pada kulit Anda.

7. Kecambah
Jangan remehkan sayuran berukuran kecil ini. Beberapa nutris berharga ada dalam kecambah, salah satunya ada  kandungan enzim yang membantu melawan peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini