Sukses

4 Langkah agar Tak Mudah Sensi Saat PMS

Mudah marah, sensitif, dan mudah sekali menangis kerap terjadi pada perempuan yang PMS.

Liputan6.com, Jakarta Post menstrual syndrome (PMS) dan emosi yang tak terbendung merupakan paket komplit dari kaum perempuan. Mudah marah, sensitif, dan mudah sekali menangis kerap terjadi pada perempuan yang PMS.

Biasanya, kaum laki-laki tak dapat berbuat banyak ketika pasangan atau teman perempuannya begitu sensitif saat PMS menyerang. Memaklumi adalah langkah tepat guna terhindar dari `perang dunia ketiga`.

Meski belum ada obat untuk PMS, tapi sejumlah cara dapat dilakukan untuk mengatasi semua gejala yang tidak mengenakkan seperti dikutip Times of India, Senin (15/6/2015).

  • Olahraga mungkin terasa tidak nyaman untuk dilakukan saat sedang PMS. Namun, olahraga teratur meningkatkan endorfin di otak, dan mengeluarkan semua hormon stres sehingga membuat perempuan lebih tenang. Pastikan olahraga selama 20 sampai 40 menit, dan dilakukan 3 sampai 4 kali seminggu.
  • Konsumsi air putih, buah-buahan segar, dan sayuran. Jauhi kafein, alkohol, dan minuman manis.
  • Suplemen mungkin dapat dimasukkan ke dalam diet sehari-hari. Suplemen kalsium membantu mengatasi suasana hati yang tidak baik dengan memengaruhi sistem endokrin penghasil hormon. Selain itu, dapat juga menambahkan suplemen magnesium, vitamin B6, dan vitamin E.
  • Lakukan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks: yoga, massage, meditasi. Menonton aksi konyol dan jenaka di televisi, mendengarkan musik, atau mandi air hangat juga ampuh untuk mengurangi iritasi saat PMS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini