Sukses

Suka Marah-marah Saat PMS, Cegah dengan 5 Tips Ini!

Beberapa gejala PMS bisa dicegah dengan beberapa cara di bawah ini.

Wanita mendekati masa menstruasi biasanya mengalami gejala premanstruasi (PMS). Beberapa ada yang mengalami gejala minor sementara yang lainnya ekstrem.

Gejala yang umum muncul seperti perut bagian bawah kembung, kram, badan sakit-sakit, suasana hati berubah-ubah, dan masih banyak lagi. Agar Anda tak mengalaminya, ada beberapa cara untuk mencegah gejala PMS seperti dikutip BecomeGorgeous, Selasa (8/10/2013):

1. Perbanyak asupan kalsium

Asupan kalsium sangat penting untuk semua wanita. Selain membantu mencegah osteoporosi, kalsium juga banyak manfaatnya.

Jika Anda mengonsumsi sekitar 1.000-1.2000 gram kalsium setiap harinya Anda bisa mengontrol gejala PMS seperti kram, perubahan suasana hati maupun iritasi.

2. Diet sehat

Kebiasaan makan sebagian besar memengaruhi fungsi tubuh dan hormon. Jika Anda mencoba diet sehat yang terdiri dari salad, buah-buahan, jus, sayuran hijau, serat, biji-bijian, dan karbohidrat, Anda bisa mengurangi gejala PMS.

Hindari konsumsi daging merah, kafein, gula yang berlebihan, dan garam. Ini merupakan penyebab gejala PMS yang parah.

3. Diet kaya Vitamin B

Asupan Vitamin B merupakan cara untuk mengontrol gejala PMS seperti perubahan suasana hati, depresi. Cobalah makanan yang kaya Vitamin B. Anda harus mengonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, pisang, dada ayam, dan sejenisnya.

4. Jangan melewatkan makan

Kembung bisa terjadi karena Anda telat makan. Ini akan memperburuk gejala PMS. Jika Anda tak makan teratur, kadar gula darah turun dan Anda akan sakit kepala, serta lemah. Makan dengan baiks ehingga Anda tak mengalami masalah kesehatan lainnya.

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur akan membuat Anda merasa bugar dan sehat. Ini juga berpengaruh ke mood Anda dan mengontrol gejala PMS.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini